Update Terbaru, Notifikasi WhatsApp Bakal Bisa Diatur Berdasarkan Prioritas?

0
594
Copyright©cloudpro

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Notifikasi yang Bisa Diatur?

Eratekno.com – Seperti di ketahui sistem operasi Android 8.0 Oreo memiliki fitur notification channels, dimana pengguna dapat mengelompokkan dan mengatur cara smartphone memberi alert notifikasi berdasarkan prioritas. Seperti apakah akan di serta bunyi, getaran atau tidak.

Bersamaan dengan itu, WhatsApp nampaknya juga sedang mempersiapkan pembaruan aplikasinya agar mendukung notification channels di Android Oreo. Hal tersebut di ketahui dari segilintir pengguna perangkat berbasis Android Oreo yang menjalankan aplikasi WhatsApp beta mulai versi 2.18.18.

Menurut kabar yang beradar, dalam versi beta tersebut, WhatsApp menampilkan 10 kanal notifikasi yakni group notification, message notification, chat history backup, critical app alert, failure notifications, media playback, sending media, silent notification, other notifications dan uncategorized.

Baca juga: Pengen Bikin Status Musik di WhatsApp? Bisa Kok

Masing-masing strategi kanal tersebut memiliki setting yang bisa di atur secara individual berdasarkan jenis notifikasi yang bersangkutan. Pengguna bisa mengatur prioritas pemberitahuan dari notifikasi yang tersedia.

Seperti, jika kamu tidak ingin mendapatkan pemberitahuan dari obrolan grup atau chat backup, notifikasi tersebut dapat di buat agar tak membuat smartphone berbunyi dan bergetar. Bisa juga di matikan (disable) sama sekali sehingga tak muncul di tray notifikasi.

WhatsApp
copyright©AndroidPolice

Dengan demikian, sesuai dengan tujuan fungsi notification channels di Android Oreo, pengguna WhatsApp pun tidak akan terganggu oleh notifikasi yang tidak penting dan bisa lebih fokus pada pemberitahuan yang di inginkan saja.

Baca juga: Gawat! Malware Berbahaya Ini Bisa Baca WhatsApp Hingga Ambil Foto Pribadimu Lho

Di lansir dari Gadgets Now pada Jumat (2/2/2018), fitur 10 kanal notifikasi WhatsApp masih berstatus beta dan baru bisa di akses oleh sebagian pengguna Android Oreo saja. akan tetapi tak menutup kemungkinan fitur yang bisa di pakai untuk mengatur alert notifikasi berdasarkan jenis dan priorotas ini akan segera hadir dalam update WhatsApp versi final nanti.

Sementara itu, WhatsApp juga di kabarkan tengah menguji fitur lain yakni WhatsApp Pay.

Bekerjasama dengan sejumlah bank yang tersebar di seluruh dunia, fitur ini nantnya memungkinkan pengguna melakukan transaksi jual beli yang di lakukan melalui WhatsApp. Kabarnya WhatsApp Pay akan di duetkan dengan WhatsApp Bisnis yang sudah bisa di unggah di seluruh dunia pada Januari lalu.

         Baca juga Apple Bakal Siapkan Pesaing WhatsApp Business