Usai MIUI 10, Xiaomi Fokus Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

0
183
MIUI_10
[email protected]

Xiaomi Kembangkan Teknologi AI Usai Luncurkan MIUI 10

Eratekno.com – Baru-baru ini Xiaomi mengumumkan versi utuh terbarunya dari MUI. Sempat beredar kabar akan meniru iPhone X dengan menamai MIUI X, Xiaomi akhirnya menamai versi utuh berbasis Android OS miliknya dengan MIUI 10.

Dari lansiran Gizhina, menyebutkan jika pengumuman tersebut dilakukan baru-baru ini oleh salah satu pendiri dan wakil presiden senior Xiaomi bernama Hong Feng. Pria itu sendiri kebetulan merupakan kepala unit bisnis MIUI.

Terkait dengan peuncuran MIUI 10 ini seperti menjadi klarifikasi dari sejumlah rumor yang beredar sebelumnya. Versi terbaru OS Android khusus milik Xiaomi dan penerus MIUI 9 ini diberi nama MIUI 10 serta tidak disebut sebagai MIUI X seperti isu yang beredar sebelumnya.

Baca juga : Setelah Kantongi Paten, Samsung Gunakan Pemindai Sidik Jari di Layar Galaxy Note 9?

Sebelumnya sempat beredar rumor yang menyebutkan jika Xiaomi akan memilih MIUI X. Cukup diketahui jika ‘X’ dalam bahasa Romawi mewakili angka 10 dan itu sama seperti penamaan iPhone X. Namun akhirnya perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut memutuskan untuk memilih menggunakan nama dibelakang MIUI dengan angka 10 dibandingkan menggunakan huruf ‘X’.

MIUI_10
[email protected]

Kabar kencang yang beredar lainnya menyebutkan jika MIUI versi terbaru tersebut merupakan versi yang jauh disempurnakan oleh Xiaomi. Namun hingga kini pihak produsen smartphone dengan spesifikasi tinggi itu belum mengungkapkan secara rinci mengenai OS Android miliknya itu.

Meskipun demikian terdengar pengembang utama Xiaomi sempat mengatakan jika ada ‘update terbesar’ ke MIUI 10. Pembaruan tersebut akan berpusat ada kecerdasan buatan (Artificial Intellegence-AI). Hal ini sebelumnya juga diisyaratakan oleh salah satu petinggi Xiaomi yakni Huong Zhong tepatnya di akhir tahun 2017.

Baca juga : Wow.. 1000 Lamaran Masuk Sehari Setelah Alibaba Buka Lowongan Untuk Lansia

AI (Artificial Intelligence) sendiri merupakan sebuah teknologi yang mengembangkan sebuah mesin supaya dapat bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan seperti layaknya manusia. Teknologi kecerdasan buatan ini sebelumnya telah lebih dulu dikembangkan oleh Google dengan Google Assistant, Apple dengan SIRI, dan Amazon dengan Alexa.

Akan tetapi sayangnya hingga saat ini belum ada rincian lebih detail terkait dengan pengembangan teknologi kecerdasan buatan di MIUI 10. Sedangankan berkaitan dengan versi MIUI versi sebelumnya yakni MIUI 9, perusahana teknologi kenamaan di Tiongkok ini secara resmi telah mengakhiri pengembangan MIUI 9. Hal itu dilakukan saat merilis beberapa perangkaat yang dapat di-upgrade ke MIUI 9.

Baca juga : Asik, Ini Nih Cara Bernostalgia dengan Foto Atau Video Lawas di Instagram