Waduh,, Blackberry Tuntut Facebook, WhatsApp dan Instagram, Kenapa?

0
987
Blackberry
copyright©goodereader

Blackbeery Tuntut Facebook, WhatsApp dan Instagram Terkait Pelanggaran Hak Paten!

Eratekno.com – Kabar kali ini datang dari aplikasi perpesanan Blackberry. Ya Blackberry baru-baru ini mengajukan tuntutan hukum kepada Facebook beserta dua anak usahanya yakni WhatsApp dan Instagram. Dokumen setebal 117 halaman itu menjelaskan secara rinci apa saja yang menjadi keluhan perusahaan asal Kanada tersebut.

Yang intinya, pihak Blackberry hendak menengaskan bahwa layanan pesan singkat Blackberry Messenger (BBM) miliknya merupakan landasan komunikasi mobile modern. Hak paten dan hak milik BBM pun di lindungi secara hukum.

Facebook, Instagram dan WhatsApp di nilai telah melanggar hak paten dan hak milik tersebut. tuntutan ini bisa di bilang lumayan terlambat karena tuntutan itu di ajukan setelah Facebook, Instagram dan WhatsApp sudah merajai industri layanan pesan instan beberapa tahun belakangan.

Baca juga: Vero, Media Sosial Baru Pesaing Facebook dan Instagram, Seperti Apa?

“Facebook menggunakan sejumlah fitur fungsional, sistem keamanan, dan antarmuka yang membuat produk BlackBerry lebih dulu mendulang sukses di pasaran,” kata juru bicara BlackBerry.

Blackberry
copyright©Theverge

Lebih detail, di jelaskan dalam dokumen tuntutan itu bahawa teknik-teknik kriptografi untuk melindungi privasi pengguna BBM telah di caplok oleh Facebook dkk. Begitu jug aide untuk memadankan game mobile dengan layanan pesan singkat.

Hal-hal lainnya menyangkut antarmuka, seperrti desain notifikasi, tampilan waktu saat pesan masuk dan kemampuan menandai (tag) nama teman dalam foto.

Dalam tuntutan ini Blackberry ingin meminta ganti rugi atas apa yang di lakukan oleh Facebook dkk. Menanggapi tuntutan itu, Facebook pun menanggapinya dengan sindiran pedas.

Baca juga: Kini Video Call Group di Facebook Messenger Bisa dengan Satu Tombol Lho!

“Tuntutan yang dilayangkan BlackBerry merefleksikan kondisi bisnis pesan instannya. Tak mampu berinovasi, BlackBerry sekarang memungut pajak atas inovasi pihak lain. Kami akan melawan,” kata Deputy General Counsel Facebook, Paul Grewal, sebagaimana dari TheVerge pada Rabu (7/3/2018).

Seperti di ketahui, Blackberry sendiri telah menjual hak intelektualnua atas desain, pabrik dan merek ponsel Blackberry ke beberapa pihak. Secara global di serahkan ke perusahaan China, TCL. Satu-satunya bisnis Blackberry yang di tinggalkan adalah Blackberry Limited yang menaungi produk-produk software dan keamanan mobile.

sementara itu, BlackBerry saat ini masih menunggu keputusan pengadilan terkait dengan tuntutan hukum yang didaftarkannya di negara bagian Delaware, Amerika Serikat, terhadap Nokia pada bulan Februari 2017. Tuntutan ini mempermasalahkan penggunaan teknologi komunikasi nirkabel 3G dan 4G oleh Nokia pada sejumlah perangkatnya.

       Baca juga Asyik,, Facebook Messenger Kids Resmi Mendarat di Android Lho!