Woow, Xiaomi Siapkan Smartphone dengan Sensor Sidik Jari di Layar, Seperti Apa?

0
552
xiaomi
[email protected]

Ikuti Jejak Vivo X20 Plus UD, Xiaomi Siap Luncurkan Smartphone Baru dengan Fitur Sensor Sidik Jari di Layar

Eratekno.com – Tidak ingin cepat puas, kali ini Xiaomi terus berupaya mengembangkan produknya guna menciptakan smartphone unggul berfitur terkini. Sepertinya perangkat dengan fitur unggulan akan benar-benar dirilis sang vendor di masa depan.

Nampak selain desain layar penuh, perusahan asal Tiongkok itu disebut-sebut saat ini tengah mengembangkan futur lain yakni sensor sidik jari dibawah layar. Cukup diketahui, sampai saat ini teknologi pemindai sidik jari dibawah layar baru diadopsi oleh perangkat Vivo yakni Vivo X20 Plus UD (Under Display) dan Vivo X21 UD.

Baca juga : Gambar Diduga Xiaomi Mi A2 Beredar di Situs TENNA, Akankah Jadi Ponsel Android One Generasi Kedua?

Fitur sidik jari dibawah layar pada ponsel Vivo ini sendiri dikembangkan oleh Synaptics. Bukan haya Vivo, teknologi pemindai sidik jari bawah layar diduga juga tengah digarap oleh Huawei dan Samsung. Rumor menyebutkan jika perangkat Hauwei Mate 10 dan Samsung Galaxy Note 9 bakal menampilkan fitur canggih ini.

Selain dua vendor smartphone ternama tersebut nampaknya Xiaomi juga tak ingin ketinggalan langkah. Meski kabar kabar menyebutan jika fitur ini kemungkinan akan disematkan pada smartphone terbaru Xiaomi Mi 7, namun sampai sekarang dugaan itu masih diragukan.

xiaomi
[email protected]

Dugaan itu sendiri muncul karena adanya penundaan tanggal rilis dari sang vendor smartphone yang dicurigai ada hubungannya dengan sonsor sidik jari dalam layar ini. Bersamaan dengan hal itu, Xiaomi dikabarkan berniat ingin menyematkan fitur tersebut ke layarnya. Namun dapat dipastikan jika hal ini bukanlah langkah yang udah dan apalagi teknologi yang dimaksudkan akan jadi yang pertama untuk Xiaomi.

Sementara itu, Xiaomi Mi 7 sendiri saat ini mempunyai dua cabang firmware yang mendapat julukan ‘dipper’ dan ‘dipperold’. Akan tetapi sepertinya cabang ‘dipperold’ telah dibatalkan dan dari sejumlah kode firmware inilah dietmukan jika firmware ‘diperlord’ akan dibekali dengan dua sensor sidik jari. Pernyataan itu keluar berdasarkan sumber yang didapat dari Synaptics dan Goodix.

Baca juga : Yuk Intip Lebih Intim Xiaomi Mi MIX 2S, Smartphone Cantik dengan Dukungan Snapdragon 845 dan RAM 8GB

Sedangkan untuk sensor ‘Goodix’ sendiri diberi nama ‘goodix_fod’ yakni dimana ‘fod’ yang kemungkinan memiliki arti sidik jari di layar. Dengan begitu dapat disimpulkan jika Xiaomi mengalami sejumlah kendala dalam pengembangan pemindai sidik jari dilayar. Pembatalan pun menjadi pertanda jika Mi 7 akan mengusung sidik jari yang terletak di puggung perangkat sama halnya smartphone kebanyakan.

Kesimpulannya, saat ini Xiaomi sendiri memang tengah melakukan pengujian sensor sidik jari dalam layar pada perangkat Xiaomi Mi 7. Pengujian tetap dilakuan meskipin menemui sejumlah permasalahan. Namun belum dapat dipastikan apakah nantinya fitur pemindai sidik jari dalam layar ini akan digunakan atau tidak, maka dari itu layak kita nantikan kabar selanjutnya.

Baca juga : Samai Mate 10 Pro dan iPhone X, Xiaomi Mi MIX 2S Masuk 5 Besar Smartphone Terbaik