Wuihh Canggih, Peneliti Temukan Cara Mengisi Daya Smartphone dalam Hitungan Detik !

0
661
[email protected]

Peneliti Temukan Cara Mengisi Daya Smartphone Super Cepat !

Eratekno.com – Sejumlah peneliti yang menemukan cara baru saat melakukan pengisian daya smartphone di masa depan. Dimana mereka yang menjelaskan telah menemukan cara untuk mengisi daya bateri smartphone hanya dalam hitungan detik saja. Pengisian daya super cepat ini bisa dilakukan dengan adanya sebuah zat yang bernama graphene.

Baca Juga : Terus Berbenah, News Feed Facebook Bakal Prioritaskan Berita Lokal

Bahan yang kerap disebut material ajaib ini memang memiliki potensi besar dalam pengembangan kemampuan baterai pada smartphone. Sejumlah aspek yang diprediksi dapat ditingkatkan yakni kemampuan untuk penyimpanan energi. Bukan itu saja, dalam aspek ketahanan serta kecepatan saat melakukan pengisian daya juga bakal dapat ditingkatkan lebih jauh lagi.

[email protected]

Melalui sejumlah penelitian, para peneliti yang mendapatkan data jika graphene mampu mengisi daya super capat dalam waktu tujuh detik saja. Sementara untuk baterai yang saat ini berada di pasaran masih membutuhkan waktu yang jauh lebih lama lagi. Salah satu peneliti dari sebuah forma penelitian di Eropa yang bernama Graphene Flagship, Kari Hjelt yang menjelaskan ketika mereka sedang melakukan pengembangan teknologi ini.

Baca Juga : Rombak News Feed, Facebook Dorong Interaksi Antar Pengguna!

Teknologi ini akan dapat selesai dalam waktu dua tahun ke depan,” jelas Kari, seperti dikutip dari laman CNET. “Graphene merupakan material yang tergolong baru, jadi sebenarnya kami cukup terkesan dengan perkembangan yang ditunjukkannya hanya dalam waktu 14 tahun terakhir,” tuturnya.

Selain Graphene Flagship, sejumalh tim peneliti lain, termasuk Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT) yang juga mengembangkan baterai dengan bahan yang sama. Tetapi pihak SAIT mengungkapkan hanya dapat melakukan pengisian daya dalam waktu 12 menit. Sekedar informasi, graphene merupakan sebuah lapisan tipis yang terbuat dari bahan atom karbon murni dari ekstrak grafit.

Dimana proses pertama kali yang sukses dilakukan pada tahun 2014 oleh sejumlah peneliti. Selain dapat menghantarkan energi dengan cepat, graphene memiliki kekuatan 200 kali lipat ketimbang dengan baja. Namun, graphene memiliki berat yang lebih ringan ketimbang kertas. Inilah sebabnya, mengapa material ini mendapat julukan “materi ajaib” .

Baca Juga : Direkomendasikan Google, Ini Daftar Smartphone Android yang Cocok Buat Bisnis