Aplikasi Lenna, Asisten Virtual Pertama dengan Bahasa Indonesia !

0
767
[email protected]

Lenna, Asisten Pribadi dengan Perintah Bahasa Indonesia !

Eratekno.com – Membeli tiket pesawat dengan hanya menggunakan perintah suara ke smartphone kini bisa dilakukan. Bukan dalam bahasa Inggris lagi melainkan sudah dalam bahasa Indonesia yang merupakan gaya bahasa sehari-hari.

Lenna, merupakan aplikasi asisten pribadi yang berbasis artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang telah secara resmi Diperkenalkan hari ini oleh PT Sinergi Digital Teknologi.

Baca Juga : Makin Canggih, Android 8.1 Bisa Deteksi Kecepatan Wi-Fi Lho !

Mulai hari ini, Lenna sudah bisa diunduh pengguna smartphone Android melalui Play Store. Sementara iOS menyusul,” ucap Rissandi, CEO PT Sinergi Digital Teknologi, pada acara peluncuran Lenna di Jakarta (23/1/2018).

[email protected]

Bila anda sebagai pengguna dari iPhone kemungkinan anda sudah akrab dengan Siri, dimana aplikasi tersebut yang mirip yang disematkan dalam produk Apple. “Berbeda dengan Siri yang harus pakai bahasa Inggris, Lenna cukup dengan bahasa Indonesia sehari-hari, gak harus baku,” kata Rissandi.

Di kancah global, asisten pribadi dengan berbasis AI tersebut yang kian diisi oleh empat pemain besar, yakni, Amazon Alexa, Apple Siri, Microsoft Cortana dan Google Asistant.

Namun keempatnya tersebut diharuskan pengguna untuk menyampaiak perintah dalam bahasa Inggris. Nah disitulah letak dari kelebihan Lenna. Lantas bagaimana cara menggunakannya ?

Sesaat selesai diunduh, anda sudah dapat langsung berinteraksi dengan Lenna. Dikarenakan terbilang masih baru, sehingga layanan tersebut yang ditangani oleh Lenna masih terbatas.

Baca Juga : Wajib Baca! 5 Aplikasi Android Ini Ternyata Bikin Baterai Cepat Abis Lho

Ke depannya Lenna akan bisa diperintah untuk keperluan apa saja. Tapi saat ini baru ada 7 fitur unggulan: mencari berita, ramalan cuaca, browsing, pembelian tiket pesawat, pulsa handphone, token listrik, dan beli toket nonton film,” imbuh Alen Boby Hartanto, Founder & CTO PT Sinergi Digital Teknologi.

Sedangkan cara untuk pembayaran, Alem yang menyatakan jika SDT yang telah bekerjasama dengan Doku dalam menyediakan dompet elektronik yang berbentuk aplikasi yang diberi nama “Saldo Lenna”.

Cukup topup saldo menggunakan ATM atau m-banking, Saldo Lenna bisa dipakai tanpa ada potongan biaya apapun untuk penggunaan semua layanan,” papar Alen.

Saat ini Lenna tengah dalam tahap awal yang berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh, imbuh Rissandi.

Baca Juga : Cara Melindungi Android dan iPhone dari Bug Meltdown dan Spectre !