Awas Upaya Peretasan, Berikut 3 Penyebab Pengguna Terima SMS Reset Pasword Facebook

0
770
Facebook
[email protected]

Terima SMS Reset Password Facebook Secara Tiba-Tiba, Waspada Ada Peretasan!

Eratekno.com – Pernahkah kalian menapatkan kiriman SMS berisikan kode konfirmasi untuk mereset pasword? Ya, mungkin sebagian pengguna Fecebook pernah mendapatkan kiriman pesan dari jejaring sosial itu.

Waspadalah! jika SMS tersebut tiba-tiba datang tanpa pengguna sendiri yang memintanya, lebih baik jangan hiraukan. Hal tersebut dikarenakan bisa jadi pesan itu mengindikasikan jika ada orang lain yang tengah berusaha masuk ke akun penggguna tanpa izin.

Baca juga : Disebut Hanya Cari Keuntungan, Rahasia ‘Gelap’ Facebook Terungkap Setelah Memo Internal Bocor

Cukup diketahui, Facebook sendiri akan mengirimkan kode reset password ke nomor ponsel jika pengguna lupa kata kunci untuk masuk ke akun. Jika pengguna lupa, SMS akan dikirim ke nomor ponsel yang didaftarkan oleh pengguna ke akunnya. Perlu diketahui, ada tiga penyebab pengguna dikirimi SMS oleh Facebook atau pihak lain yang mengaku sebagai layanan tersebut.

Berikut tiga penyebab umumnya :

1. Pengguna Ingin Ganti atau Mereset Password
Jika kasusnya speerti ini, maka pengguna tidak perlu khawatir,sebab memang pengguna sendiri yang ingin melakukan riset password. Ini terjadi apabila pengguna tengah dalam keadaan logged in (sudah masuk) ke akun Facebook, kemudian mengganti password namun lupa kata kunci yang berlaku saat itu. Jika pengguna memilih opsi ‘lupa password, maka pihak layanan kan mengirimkan kode riset pasword ke alamat e-mail atau nomor ponsel yang terdaftar.

Facebook
[email protected]

Nah, kode itulah yag kemudian akan dikirim ke ponsel penggua melalui SMS dan kemudia pengguna bisa memsukkan kode di situs Facebook.

2. Ada Orang Lain Yang Ingin Masuk Tanpa Izin
Jika ada SMS berisikan kode dari Facebook tanpa Anda memintanya sendiri melalui reset password seperti yang dijelaskan, waspadalah!

Dikatakan demikian karena bsia jadi orang lain atau bot (program otomatis) tengah berusaha membobol masuk akun Facebook milik Anda. Facebook sendiri menyediakan cara untuk meriset password yang mudah, mekanisme ini sebenarnya dimaksudkan untuk mempermudah jika pengguna lupa password. Namun mekanisme ini pun juga sangat rawan disalahgunakan orang lain karena syaratnya hanya tahu alamat-email atau nomor ponsel terdaftar di akun pengguna Facebook.

Baca juga : Cara Memblokir dan Membatalkan Pemblokiaran Teman di Facebook Melalui Perangkat Mobile Ataupun Desktop

Untuk mencegah kejadian tidak mengenakkan seperti di atas, jika menerima pesan dari media sosial lewat SMS, maka jangan pernah memberikan atau meneruskan kode reset ke siapa pun. Kalau khawatir dibobol, Anda pun bisa mengganti password dengan yang lebih kuat atau mengaktifkan fitur keamanan two-factor authentication, yang mensyaratkan kode tambahan di samping password utama untuk melakukan login ke Facebook.

3. Phising
Selain itu, ada pula jebakan phising yang merupakan metode umum untuk serangan social engineering. SMS atau e-mail phising mungkin menyertakan tautan menuju situs berbahaya, seperti yang memiliki tampilan mirip laman login Facebook, padahal itu bukan. Begitu memasukkan password di laman bohongan itu, kata kunci pengguna pun bisa langsung dicuri oleh hacker sehingga akunnnya bisa dibobol. Jika kalian menerima SMS atau email phisihing, maka jangan lakukan apapun atau jangan mengklik tautan yanag ada, abaikan atu hapus saja pesan.

Baca juga : Terima Update Baru, Gim Pokemon Go Dapat Terhubung dengan Akun Facebook Pemain