Diprediksi Akan Hadir Tahun 2018, Berikut 5 Teknologi Canggih Itu!

0
273
teknologi
[email protected]

5 Teknologi Makin Canggih Akan Hadir di Tahun 2018, Apa Saja?

Eratekno.com – Pada zaman sekarang ini teknologi dapat dikatakan sudah semakin canggih. Meski demikian, tahukan kalian jika teknologi ini akan semakin berkembang dan seolah-olah tidak ada habisnya?

Ya, memang benar teknologi sendiri seoalah tak akan ada habisnya dan hal-hal serta kecanggihan baru terus bermunculan. Tak terkecuali tahun 2018 ini yang terlihat memperlihatkan kecanggihan-kecanggihan baru. Apa Saja?

Baca juga : Waduh Bahaya, Teknologi AI Ternyata Dapat Disalahgunakan Oleh Penjahat Siber, Kok Bisa?

Berikut ini 5 teknologi yang diprediksi akan hadir di tahun 2018 :

1. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan
Copyright©Geneloka

Kecerdasan buatan atau AI (Artifical Intelligence) telah ada sejak bahasa programan dikembangkan. Namun, kala itu hanya berbentuk perintah untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan berbagai macam cara. Pada tahun 2018 ini, pengembangan AI menjadi begitu pesat, yang sebelumnya hanya diterapkan di game ataupun search engine, saat ini telah diterapkan pada telepon pintar. Jadi, seolah kita memiliki asisten pribadi.

Adapula penerapan AI pada sistem apartemen yang dapat mengatur kebutuhan rumah tangga kita, bahkan ada juga YouTuber AI. Namun diketahui jika AI ini dapat mengancam eksistensi manusia, sebab teknologi ini akan terus berkembang menggantikan peran manusia yang akan berdampak pada penurunan lapangan pekerjaan.

2. Asisten Suara

suara assisten
[email protected]

Teknologi ini sering disebut voice assistant yang merupakan sebuah teknologi yang tidak baru lagi. Asisten suara telah ada sejak tahun 2015 silam dan pertama kali diperkenalkan oleh Google Inc serta diterapkan pada sistem Android. Pada tahun 2018, teknologi ini mendapatkan pengembangan yang begitu signifikan. Kini asisten suara tengah dikembangkan lebih jauh lagi mulai dari penambahan fitur pengenal suara, kemampuan untuk terhubung dengan sistem apartemen, pengingat jadwal, dan masih banyak lainnya. Saat ini sudah banyak perangkat asisten suara, speerti dari Google Assistant, Siri dari Apple, ataupun Alexa dari Amazon.

3. Mobil Terbang

Mobil Terbang
[email protected]

Kita dulu cuma bisa melihat mobil terbang di beberapa film box office dan film kartun tentang kehidupan masa depan. Selain itu terkadang ada pula iklan tentang mobil terbang, namun hanya berbentuk konsep dan khayalan semata yang belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini. Kali ini tak perlu lagi menunggu terlalu lama, impian untuk melihat mobil terbang berlalu-lalang di dunia nyata sebentar lagi akan terwujud. Hal itu kaerna adanya sejumlah informasi mengatakan saat ini banyak perusahaan di dunia yang merintis pengembangan dan produksi mobil terbang.

Bukan itu saja, perusahaan penerbangan asal Amerika seperti Airbus, yang sudah puluhan tahun berpengalaman di dunia penerbangan, dan perusahaan taxi online Uber juga dikabarkan telah ‘curi start’ untuk segera menghadirkan mobil terbang yag dimaksudkan.

4. Telepon Hologram

telepon hologram
[email protected]

Beberapa waktu lalu, RED yang berupa manufaktur smartphone kelas premium mengumumkan jika mereka akan menggarap produk baru berupa smartphone bernama Hydrogen One. Tak seperti ponsel pada umumnya, perangkat ini mmeiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan iPhone 7 Plus atau OnePlus 5.

Baca juga : Baru, Xiaomi Redmi Note 5 Hadir dengan Teknologi AI dan Dual Camera, Seperti Apa?

Pada sisi belakangnya dibekali dengan sensor kamera ganda dan sisi desain pun berbentu berlekuk-lekuk guna menyesuaikan tangan pengguna. Nampak di bagian tersbeut terdapat tombol power yang berfungsi untuk sensor sidik jari serta tombol khusus untuk merekam video. Hydrogen One ini memiliki bentangan layar 5,7 inci dengan bezel ramping. Selain itu perangkat ini juga dilengkapi denga port USB-Type C dan jack audio di bagian bawah.

5. Augmented Reality (AR)

Augmented Reality
[email protected] pendidikan

Teknologi satu ini akan lebih dikembangkan oleh perusahaan raksasa asal Amerika Serikat  yaitu Apple Inc. yang kabarnya akan merilis perangkat yang menerapkan teknologi augmented reality yang dinamai ARkit. Melalui VP Marketing Apple Greg Joswiak terungkap jika augmented reality sebagai hal besar. Dia mengatakan, akan banyak kemajuan yang didapatkan nantinya melalui ARKit, baik dalam hal berbelanja, hiburan, maupun hal yang belum terpikiran sekalipun.

Baca juga :  Wuih Canggih,, Huawei Garap Ponsel Berbasis Teknologi Blockchain ? Apa itu