Material Polimer Bisa ‘Pulihkan’ Layar Smartphone yang Pecah Lho!

0
545
Material Polimer
Copyright©merdeka

Layar Smartphone Pecah, Tenang Inovasi Material Polimer Ini Sanggup ‘Menyembuhkan’ Lho!

Eratekno.com – Saat ini salah satu problem yang banyak dialami oleh pengguna smartphone adalah layar perangkat yang mudah retak dan pecah. Dan kenyataanya, menggunakan lapisan pelindung layar atau screen protector hanya mampu menambah data tahan dari goresan saja.

Dan seiring dengan perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi, beberapa tahun kedepan bukan menjadi sebuah hal yang tak mungkin jika kedepanya kalian tak perlu lagi memusingkan mengenai masalah ini.

Adalah seorang peneliti Universitas Tokyo, Jepang yang baru saja menemukan material yang bisa memperbaiki lapisanya jika terbelah, sehingga bisa digunakan sebagai material layar ponsel yakni Material Polimer.

Baca: Keren, Di Tahun 2049 Mendatang Peran Smartphone Akan Digantikan Kuku Jari!

Seperti yang telah dilaporkan oleh Engadget, seorang peneliti di Universitas Tokyo yakni Profesor Takuzo beserta timnya  telah menemukan bahwa material polimer mampu menciptakan sebuah lapisan dengan daya tahan sekeras lapisan kaca pada layar ponsel.

Material Polimer
Copyright©metrotvnews

Kelebihan dari material polimer ini sendiri bisa kembali seperti semula jika terbelah. Atau bisa dibilang, mayeri ini seperti hidup. Namun Profesor Takuzo menjelaskan bahwa memadukan kemampuan material yang bisa memiliki daya tahan yang hebat serta kemampuan memperbaiki diri sendiri ini adalah mutualisme yang sulit ditemukan.

“Memadukan kemampuan material yang bisa memiliki daya tahan hebat serta kemampuan memperbaiki dirinya sendiri adalah mutualisme yang sulit ditemukan,” ungkap Profesor Takuzo.

Baca: Facebook Luncurkan Headset Virtual Reality Bernama Oculus Go, Apasih Keunggulanya?

Menariknya, penemuan ini justru berasal dari kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswanya yang bernama Yu Yanagisawa. Yanagisawa membeberkan pada awalnya ia mengira batwa materual yang diciptakanya tersebut bisa melekat dan difungsikan sebagai material perekat.

Ia pun lantas terkejut ketika memotong polimer dan menemukan bahwa material tersebut kembali tersambung. Material Polimer ini kembali tersambung hanya dnegan tekanan pada tangan dan prosesnya ini pun juga akan cepat ketika dipanaskan hingga suhu 20 derajat celcius. Dengan adanya material Polimer ini tentu saja akan lebih ramah lingkungan daripada kaca.

“Harapannya, material ini bisa lebih ramah alam sehingga menekan jumlah perangkat yang dibuang karena lapisan kaca layarnya pecah”Ujar Yanagisawa. Adanya teknologi material polimer untuk layar kaca smartphone ini sendiir sebetulnya sudah diimplemetasikan oleh beberapa vendor namun sejauh ini belum ada yang benar-benar bisa melakukan perbaikan apapila kerusakan layar cukup parah.

LG G Flex 2
Copyright©LG G Flex 2

Nah untuk kalian yang tertarik dengan material polimer ini, adalah LG G Flex 2 yang dirilis pada tahun 2015 lalu yang sudah memiliki sedikit kemampuan setara polimer yang ditemukan kali ini. Mungkin kedepanya akan banyak ponsel yang menerapkan teknologi material polimer yang satu ini.

baca juga !

Di China, Akun WeChat Jadi KTP Digital Lho !