Mudah Banget, Berikut Cara Aktifkan Kartu SIM yang Telah Diblokir

0
2079
kartu SIM
[email protected]

Kartu SIM Bisa Diaktifkan Kembala Usai Diblokir, Ini Caranya!

Eratekno.com – Cukup diketahui jika pemerintah Indonesia memberlakukan registrasi baik untuk kartu SIM baru maupun yang sudah dipakai dengan mencantumkan nomor KTP dan KK. Pemblokiran bagi untuk yang belum registrasi sendiri sudah dimulai hari Kamis, 1 Maret 2018 kemarin.

Cukup diketahui jika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menerapkan skema pemblokian kartu beberapa tahap. Pertama dimulai tanggal 1 Maret 2018, dilakukan pemblokiran layanan panggilan dan SMS outgoing (keluar). Dalam keaadaan ini, pelanggan masih dapat menerima telepon dan SMS masuk, serta menggunakan data intrenet.

Baca juga : Tak Perlu Khawatir, Registrasi SIM Card Tetap Bisa Dilakukan Bagi yang Belum Berusia 17 Tahun & Terima E-KTP

Jika pelanggan tidak melakukan registrasi kartu SIM hingga tanggal 31 maret 2018, maka mulai tanggal 1 April 2018 akan dilakukan pemblokiran layanan panggilan dan SMS incorming (masuk). Pada keadaan ini, pelanggan tidak dapat melakukan panggian keluar dan layanan pesan singkat keluar serta tidak bisa menerima panggilan dan SMS.

Pemblokiran sendiri pada tanggal 1 April tidak mencakup layanan data internet. Namun apabila pelanggan tak kunjung melakukan registrasi hingga tanggal 30 April, maka pada tanggal 1 Mei 2018 dilakukan pemblokiran total. Dalam keadaan tersebut, pelanggan tidak dapat melakukan panggilan dan SMS, tidak bisa menerima telepon dan SMS serta tidak bisa menggunakan layanan data internet.

copyright©Liputan6

Namun jika nomor kartu SIM sudah terlanjur terblokir sekarang, jangan khawatir. Kalian masih dapat merima panggilan masuk dan berinternet, namun alangkah baiknya kaian segera mengaktifkan kembali kartu SIM yang sudah diblokir. Lalu bagaiaman cara kembalikana kartu yanag sudah terblokir?

Caraya mudah banget yakani haya denga melakukana registrasu sebelum waktu akhir pemblokiran pada 1 Mei 2018. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat melakukan cara registrasi guna mengaktifkan nomer ponsel yang sudah diblokir.

Pertama pastikan jika kalian memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP serta nomor KK (Kartu Keluarga). Meski SMS dan panggilan keluar telah diblokir, kalian masih tetap bisa SMS ke 4444. Berikut caranya:

– Pelanggan Baru
Tata cara atau format registrasi via SMS bagi pengguna yang membeli kartu SIM perdana adalah sebagai berikut:
1. Indosat, Smartfren dan Tri, NIK#NomorKK#
2. XL Axiata, Daftar#NIK#Nomor KK
3. Telkomsel, Reg(spasi)NIK#NomorKK

Baca juga : Jangan Lewatkan! Smartfren Bakal Maksimalkan Pengalaman Game MOBA dengan Internet Kecepatan Tinggi Lho!

Jika sudah selesai mengetik format di atas, kirim SMS kamu ke nomor 4444.

– Pelanggan Lama
Lain lagi dengan tata cara registrasi ulang via SMS bagi pelanggan lama. Berikut formatnya:
1. Indosat, Smartfren, dan Tri, ULANG#NIK#NomorKK#
2. XL Axiata, ULANG#NIK#NomorKK
3. Telkomsel, ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Jika sudah mengetik format di atas, kirim SMS ke nomor 4444.

Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan, Telkomsel Kasih Bonus Internet 10 GB Bagi Pelangganya yang Sudah Registrasi Prabayar Lho