NASA Rilis Peta Wilayah di Bumi Yang Terkena Kemarau Ekstrim

NASA ungkap Perubahan Iklim global

Gambar: Wilayah Amerika Serikat masuk kategori iklim panas yang ekstrim

ERATEKNO.COM. Beberapa waktu lalu, National Aeronautics and Space Administration (NASA) merilis wilayah di permukaan bumi yang mengalami kemarau ekstrim.

Dilansir dari situs Gizmodo yang dikutip oleh Tekno.Liputan6.com, Sabtu (1/8/2015), NASA menggunakan teknologi time lapse untuk merekam beberapa wilayah yang mengalami perubahan iklim ekstrim, salah satunya di kawasan California, Ameria Serikat.

Dari gambar yang dirilis nampak jelas perubahan iklim ekstrim di kawasan bumi tersebut dari mulanya berwarna hijau menjadi merah menyala dan menyebar kesegala penjuru Amerika Serikat.

Program penelitian iklim ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak setahun lalu, NASA menggandeng Japan Aerospace Exploration Agency dan menggunakan satelit sebanyak 12 unit untuk mendeteksi seluruh wilayah didunia yang mengalami perubahan iklim dari sedang hingga ekstrim.

Meskipun program ini berakhir bulan Juli 2015 lalu, namun data-data yang berhasil didapatkan bisa membantu para ilmuan untuk mengungkap pola iklim secara global.

Dari data yang dirilis tersebut disimpulkan ada beberapa wilayah dubumi yang mengalami dampak paling ekstrim dari perubahan iklim, salah satunya adalah wilayah Amerika Serikat dan memang sejak delapan bulan terakhir kawasan tersebut dilanda kemarau.

Berikut video penamoakan penyebaran iklim yang dirilis NASA: