Pemerintah Atur Pengoperasian Penerbangan “Drone”

0
173
Drone

Drone

ERATEKNO.COM. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan resmi mengelaurkan pertaturan Pemerintah (PP) tentang pengoperasian pesawat tanpa awak atau “Drone”, PP tersebut sebenarnya telah diterbitkan pada bulan Mei 2015 lalu.

Peraturan tersebut salah satunya bertujuan untuk mengatur lalu lintas udara agar tidak mengganggu kepentingan umum seperti penerbangan komersil.

Dikatakan pemilik Drone dari kalangan umum diperbolehkan mengoperasikan Drone hanya untuk kepentingan tertentu seperti pemetaan, pemotretan atau kebutuhan film dengan syarat mengajukan surat ijin terlebih dahulu kepada intansi berwenang.

Agar kegiatan yang melibatkan Drone bisa berjalan dengan lancar, maka dipersilahkan mengajukan ijin ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan jauh hari sebelumnya. Surat ijin tersebut juga harus sudah dikantongi minimal 14 hari sebelum drone dioperasikan.

Tidak hanya itu, pengguna Drone juga harus berkoordinasi dengan otoritas wilayah udara dimana tempat drone akan dioperasikan.

Pesawat tanpa awak atau drone pun hanya boleh dioperasikan di ketinggian lebih dari 500 ft (150 meter) dengan izin yang diberikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara.