Peneliti Sebut Smartphone Tak Bunuh Manusia, Berikut Cara Jaga Kesehatan Saat Gunakan Ponsel

0
862
Smartphone
copyright©timestuban

Ponsel Tak Membunuh Manusia Secara Langsung, Ini Cara Hindari Radiasi Berbahaya

Eratekno.com – Saat ini mungkin banyak orang beraggapan jika disamping bergunanya smartphone ada bahaya kematian yang mengancam. Namun berdasarkan hasil penelitian National Toxicology Program (NTP) Amerika Serikat, menunjukan jika penggunaan ponsel dalam jangka panjang tidak akan membunuh manusia secara langsung.

Penelitian tersebut berjudul ‘Cell Phones and Cancer Risk’ dan kesimpulannya berkaitan dengan radiasi ponsel yang memicu kanker. Dalam penelitian NTP tersbeut dijelaskan jika paparan energi radio frekuensi yang dihasilkan ponsel, merupakan bentuk radiasi non-ionisasi. Bukan seperti radiasi ioniasasi, radio frekuensi tak menyebakan kerusakan DNA yang mengaibatkan kanker.

Baca juga : Bisa Mendownload Secara Gratis, Aplikasi Ini Cocok Buat Anda Jajal Samsung Galaxy S9 di Smartphone Sendiri

Disebutkan jika radiasi non-ioniasi secara konsisten menyebabkan efek biologis yakni peningkatan suhu dalam jaringan. Hal itu dikarenakan jaringa yang berdekatan dengan antena ponsel akan menyerap energi radiofreuensi. Untuk membuktikannya, kali ini NTP menggunakan tikus sebagai proyek uji coba.

Smartphone
copyright©linetoday

Percobaan paparan radiasi radiofrekuensi (RFR) dibagi menjadi dua kelompok, yakni yang terpapar RFR dan yang tidak. Hasilnya, kedua kelompok tikus memiliki kesehatan yang sama dan sejumlah tikus yang terpapar RFR dengan dosis tinggi, mampu bertahan hidup lebih lama dan sebagian lainnya mati lebih cepat.

Berikut ini menjaga kesehatan meskipun menggunakan smartphone setiap hari :

1. Jangan Letakkan ponsel di dekat kepala saat tidur
Letakkan samrtphone cukup jauh dari kai ketika tidur. Disarankan demikian karena hal ini untuk menekan radiasi ponsel ke daerah kepala.

2. Hindari menyimpan ponsel di saku
Sebisa mungkin simpan ponsel dalam tas atau ransel. Denagan tidak menyimpanya di saku baju atau celana tentu akan mengurangi paparan radiasi radiofrekuensi.

Baca juga : Mudah Banget, Berikut Cara Aktifkan Kartu SIM yang Telah Diblokir

3. Kurangi penggunaan ponsel saat sinyal lemah
Pada saat berkendara dengan kecepatan tinggi, di dalam bus atau kereta, atau sedang melakukan streaming musik atau video, atau sedang mengunggah dan mengunduh file. Menurut California Department of Public Health, dalam keadaan sinyal lemah yang diakibatkan kegiatan di atas, energi radiofrekuensi yang dihasilkan ponsel akan lebih tinggi dibanding ketika sinyal berada dalam keadaan normal. RFR juga dipancarkan ponsel ketika terhubung dengan WiFi atau Bluetooth, namun dalam tingkat yang lebih rendah.

4. Jagan dekatkan ponsel ke telinga
Jangan jejalkan atau dekatkan smartphone ke telinga, terutama ketika melakukan panggilan telepon. Sebisa mungkin jauhkan ponsel untuk mengurangi paparan radiasi. Perkembangan teknologi hands-free yang memanfaatkan headset berkabel maupun nirkabel cukup pesat beberapa tahun belakang. Teknologi tersebut dapat dikatakan mampu mengurangi paparan RFR ke kepala dan otak. American Cancer Society, juga menyarankan penggunaan earpiece dan mengurangi penggunaan ponsel, khususnya bagi anak-anak.

Baca juga : Wajib Coba, Begini Cara Perbaiki Software Smartphone Mati Total