Ada Yang Baru Nih, Sekarang Bisa Transfer Uang Lewat WhatsApp Payment Lho

0
811
Whatsapp-Payment
copyright©android help

WhatsApp Luncurkan WhatsApp Payment, Layanan yang Bisa Digunakan Berkirim Uang

Eratekno.com – Kali aplikasi kirim pesan WhatsApp mulai menyediakan fitur pembayaran digital melalui layanan barunya. Layanan tersebut dinamai WhatsApp Payments dan fitur ini baru di uji coba pertama kali di negara India.

Fitur tersebut diuji coba untuk pengguna India yang bergabung dalam program beta. Kabar menegnai layanan baru pembayaran digital ini sendiri diketahui sudah beredar sejak bulan Januari 2018 lalu. Menurut informasi dari sumber yang ada, aplikasi besutan Facebook tersebut memang akan merilis fitur pembayaran digital pada Februari ini.

Baca juga :  Transaksi Jadi Mudah,, WhatsApp Rilis Fitur Baru Pembayaran Digital !

Sedangkan mengenai mekanisme dari layanan WhatsApp Payment sendiri yakni menggunakan sistem Unfield Paymens Interfance (UPI). Antarmuka pembayaran tersebut memfasilitasi transaksi lintas bank India. Sejumlah bank India tersebut diantaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank dan Axis Bank.

Sementara itu untuk izin penggunaan UPI sendiri didapat oleh WhatsApp dari pemerintah India. Izin tersebut diapat sejak tahun kemarin tepatnya bulan Juli 2017 lalu. Setelah proses pengembangan yang cukup lama yakni kurang lebih sekitar setengah tahun, akhirnya membuahkan hasil yakni dengan diluncurkannya layanan pembayaran digital.

Whatsapp-Payment
copyright©tech

Namun untuk sekarang pemanfaatan layanan baru ini masih terbatas pada transaksi uang antar-pengguna (peer-to-peer). Pengguna sendiri belum dapat melakukan trasaksi ke merchant pihak ketiga. Lalu bagaimana cara bertransaksi dengan WhatsApp Payment ini?

Caranya cukup mudah yakni pertama, dua pihak pengguna yang hendak bertransksi diharuskan mengikuti program beta serta meng-install versi teranyar WhatsApp untuk iOS maupun Android. Untuk mengirimkan uang, pengguna hanya cukup menekan ikon ‘attachment’ yang juga diklik ketika akan mengirim kontak, media, lokasi dan lainnya.

Setelah menekannya, pengguna akan menemukan opsi payments dan pengguna dapat memilih kontak yang hendak dikirim uang. Pilih akun bank yang Anda dan penerima gunakan, lalu masukan nominal uang, masuka pin UPI dan uang pun akan terkirim secara virtual. Sekarang layanan terbaru WhatsApp ini telah mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

Baca juga : Tak Ingin Boros, Ini Nih Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan WhatsApp

Cukup diketahui jika pada transaksi pertama, pengguna akan diminta memverifikasi nomor seluler mereka. Dengan demikian pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Selain itu jika kalian tak punya akun UPI, layanan ini juga memiliki opsi untuk mebuat akun UPI.

Sementara itu untuk semua transksi yang dilakukan akan terekam pada opsi history WhatsApp Payment. Saat ini layanan ini masih dalam bentuk beta, maka kemungkinan fitur pembayaran digital WhatsApp ini akan dikembangkana lebih jauh dengan fungsi lebih banyak sebelum dikenakan dan diresmikan ke publik.

Baca juga :  Nokia 3310 4G Resmi Bisa WiFi dan Pakai WhatsApp, Harganya?