Android Nougat Masih Jadi Sistem Operasi Terpopuler Saat Ini

0
220
Android Nougat
copyright©tekno okezone

Android Oreo Sepi Pengguna, Android Nougat Masih Jadi Versi Android Paling Banyak Digunakan

Eratekno.com – Belum tergeser, Android 7.0 dan 7.1 Nougat hingga kini masih resmi menjadi sistem oeparsi (OS) Android terpopuler di dunia. Android Nougat masih menjadi yang teratas dengan presentase pengguna sebesar 28,5 persen.

Data yang dirilis oleh Google pada Selasa, 6 Februari 2018 menunjuka jika diposisi kedua OS Andorid terpopuler ditempati oleh Android 6.0 Marsmellow yang dirilis pada tahun 2015 dengan presentase sebesar 28,1 persen. Jika Nougat merupakan OS Android yang dirilis tahun 2016, maka bagaimana nasib Android 8.0 Oreo yang dirilis tahun 2017 lalu?

Ternyata data menunjukan jika pengguna Andorid Oreo saat ini hanya mencapai 1,1 persen yang membuatnya terpuruk di posisi ke 6. Tercatat penggunaan Oreo hanya meningkat sebesar 0,2 persen dibandingkan bulan Oktober 2017 kemarin. Cukup diketahui jika ketersediaan OS sendiri ternyata menjadi masalah besar untuk Andorid sejak dulu.

Baca juga : Sukses Terobos Top 3, Ini Dia Strategi Advan G2 (Jitu) Salip Oppo dan Samsung

Bisa dikatakan jika OS Android yang dipakai di ponsel merupakan OS yang pertama kali digunakan ketika ponsel tersebut dibeli. Artinya tak ada pembaruan sama sekali mengenai sistem operasi tersebut. Sedangkan jika dibandingkan dengan denga rivalnya yakni Apple, saat ini sekitar 28 persen pengguna iPhone masih menggunakan iOS 10.

Android Nougat
copyright©UPM tekno

Cukup diketahui jika perilisan iOS 10 sendiri hampir bersamaan dengan Android Nougat. Namun presentase tersebut merupakan angka kecil, pasalnya 65 persen pengguna iPhone sudah menggunakan OS terbaru yang dikeluarkan oleh Apple yakni iOS 11.

Dengan begitu jika dibandingkan dengan iOS milik Apple, tingkat adopsi sistem operasi terbaru Android sangat menyedihkan. Bagaimana tidak, Apple sendiri merilis sistem operasi teranyarnya yakni iOS 11 pada 19 September 2017, bertepatan dengan peluncuran iPhone X. Hanya dalam kisaran empat bulan, iOS 11 kini sudah dipakai di 65 persen perangkat Apple yang artinya paling dominan dibanding versi iOS lain yang lebih lawas.

Baca juga : Siap Dirilis Tahun 2019, Ini Dia Wujud Kaca Anti Gores Terkuat di Dunia Terbuat Dari Berlian

Ada sejumlah alasan mengapa Google nampak kesulitan mendorong pemilik Android memakai sistem operasi terbaru. Alasan pertama yakni jenis Android yang terpasang di ponsel baru kerap bersifat permanen yang artinya tak bisa ditingkatkan ke versi yang lebih baru. Jika ada yang memakai Android terbaru, biasanya produsen ponsel cerdas hanya menggunakannya pada model flagship mereka yang ada di puncak piramida konsumen, maka sebagian besar pengguna ponsel Android di kelas menengah ke bawah masih memakai versi lawasnya.

Semenara itu Androd Nougat sendiri menjadi OS lawas terpopuler dan masih menjadi paling banyak digunakan. Google sendiri dapat melihat tingkat adopsi sistem operasi mereka dihitung dari kunjungan ke Play Store. Dari sana mereka bisa mengetahui versi sistem operasi yang dipakai oleh para pengguna Android.

Baca juga : Ulefone Power, Smartphone Murah Layar Penuh, 4 Kamera dan Baterai 6080 mAh