Biar Gak Tersesat, Inilah Cara Tingkatkan Akurasi GPS Kamu !

0
985
[email protected]

Inilah Cara Tingkatkan Akurasi GPS, Biar Gak Tersesat !

Eratekno.comGPS atau Global Positioning System merupakan fitur yang sangat mudah digunakan. Apalagi sekarang ini GPS sudah banyak terap;ikasi pada smartphone, namun terkadang GPS pada smartphone sering tidak akurat. Kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh hardware, software dan cuaca.

Lantas begini cara untuk mencegah GPS tidak akurat atau error yang mudah. Berikut cara untuk meningkatkan akurasi GPS.

Baca Juga : Begini Cara Pasang 2 WhatsApp atau Lebih di Smartphone Android !

Cek Lokasi Kamu

Untuk dapat mengetahui seberapa akurat smartphone yakni dengan mengecek lokasi kamu, aktifkan GPS lalu buka Google Maps atau buka aplikasi peta lainnya, kemudian cek

[email protected]

smartphone kamu menunjukkan lokasi yang sudah tepat atau tidak. Bila benar, maka smartphone akan menunjukkan lokasi yang akurat tetapi jika tidak maka bisa dicoba dengan cara berikut ini.

Pastikan Kamu Mengaktifkan High Accuracy pada pengaturan Lokasi

Ada bermacam cara untuk meningkatkan ke-akurasian GPS dan mengaktifkan High Accuracy pada pengaturan lokasi, tergantung pada perangkat smartphone yang digunakan. Kamu dapat mencari opsi lokasi setelan atau dengan menggunakan kata kunci atau lokasi yang diinginkan.

[email protected]

Setelah opsi High Accuracy diaktifkan, kamu dapat mengecek apakah GPS sudah akurat atau belum.

Baca Juga : Ingin Unggah Ulang Instagram Stories? Begini caranya

Kalibrai Ulang Kompas Smartphone

Meskipun GPS menunjukkan lokasi kamu, namun terkadang GPS tidak dapat menunjukkan posisi yang tepat. Sehingga hal tersebut dapat membuat kesal jika sedang menggunakan navigasi yang membutuhkan tingkat keakuratan posisi. Untuk mendapat posisi yang akurat kamu dapat memakai aplikasi kompas yang dapat diunduh di Google Play Store.

Refresh GPS Smartphone

Untuk meningkatkan akurasi GPS dapat dengan cara me-refresh data GPS kamu. Dengan menggunakan aplikasi yang sama kemudian pilih menu diagnose sensor lalu pilih GPS sensors. Nanti akan muncul pop up dak klik reset untuk membersihkan data cache GPS smartphone.

Telusuri apakah  ada yang memblokir Smartphone Kamu

Jika tips sebelumnya masih belum berhasil, bisa saja aplikasi tidak bekerja atau faktor dari luar yang tidak memungkinkan smartphone untuk mendapat sinyal.

Baca Juga : Jangan Bingung! Berikut Ini Cara Atasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak muncul