Cara Ampuh Mengatasi Ponsel Yang Kemasukan Air !

0
3398
hp kecelup air
[email protected]

Begini Cara Ampuh Atasi Ponsel yang Kemasukan Air !

Eratekno.com  – Smartphone jenis apapun apabila tiba-tiba terjatuh ke wastafel, kehujanan atau terlempar ke kolam renang. Hal tersebut memang tidak jarang terjadi, namun jangan panik. Anda masih dapat menyelamatkan ponsel kesayangan anda dengan cara berikut untuk mengatasi hp kena air.

Baca Juga : Ini 3 Tips Ampuh Cara Mengatasi Kamera Hp Buram

Cara Mengatasi Ponsel Kemasukan Air

Segera matikan smartphone

Ketika mengalami insiden terkena air, segera matikan serta lepas baterai ponsel anda. Lepas juga sim card, sd card, karena komponen smartphone tersebut dapat mengakibatkan konslet atau terbakar.

hp beras
[email protected]

Buka casing smartphone untuk memberi jalan udara

Setelah smartphone dimatikan, copot casing dan buka semua aliran udara. Jangan mencoba melepaskan sekrup dan seluruh komponennya, hal tersebut dapat memperparah atau bahkan garansi akan hilang.

Lalu anda dapat menggoyang-goyangkan smartphone secara perlahan agar air didalam dapat keluar. Namun harus hati-hati jangan sampai terlalu keras, karena berisiko air malah isa masuk ke bagian dalam.

Gunakan kain yang dapat menyerap air

Selain mengeluarkan air dengan cara digoyang-goyang, anda juga dapat mengelap dan mengeringkannya dengan menggunakan kain yang kering pada bagian smartphone atau komponen yang basah. Dengan menggosok secara perlahan agar air tidak menyebar ke mana-mana.

Sedot air menggunakan vacum cleaner

Cara terbaik untuk mengeluarkan air dari smartphone yakni dengan menyedot menggunakan vacum cleaner. Jangan meniupnya atau memanaskannya, hal tersebut dapat merusak komponen dalam smartphone.

Baca Juga : Begini Cara Mudah Agar Ponsel Android Kamu Makin Ngebut !

Beli ziplock dan isi dengan beras atau silica gel

Cara yang lain untuk mengeringkan dan menyerap air yakni dengan menggunakan ziplock yang diisi dengan beras atau silica gel. Kedua bahan tersebut memiliki kemampuan mengurangi kelembapan.

Caranya masukkan beras kering atau silica gel ke dalam ziplock lalu benamkan smartphone yang basah ke dalamnya. Lalu biarkan di dalam beras tadi selama 2 hari, tahan dulu jangan sampai tergoda untuk menyalakannya tunggu sampai benar-benar kering.

Bawa ke tukang servis langganan

Apabila cara-cara diatas tidak mampu mengatasi smartphone yang kemasukan air, tentu cara ini wajib dilakukan, bawa smartphone ke tukang servis langganan atau vendor servis resmi smartphone tersebut. untuk mengatasi smartphone yang terkena air tadi.

Baca Juga : Ingin Baterai Smartphone Kamu Awet ? Inilah Caranya !