Cara Melindungi Android dan iPhone dari Bug Meltdown dan Spectre !

0
241
[email protected]

Tips Melindungi Perangkat Gadget dari Bug Meltdown dan Spectre !

Eratekno.com – Para peretas yang sering memakai cara dengan menggunakan bug pada perangkat keras yang bernama Meltdown dan Spectre. Dengan celah keamanan tersebut dapat digunakan untuk mencuri data dari perangkat gadget Android, iOS, Mac, Windows dan Linux.

Ini merupakan salah satu alasan sebagian besar pengembang untuk bergeras memperbarui perangkat lunak mereka. Sebab, dengan cara itu untuk melindungi perangkat gadget dari Bug Meltdown dan Spectre.

Baca Juga : Jangan Panik! Begini Cara Membuka Dokumen Word yang Rusak

Microsoft, Apple, Google dan Mozilla yang secara resmi mengumumkan untuk pembaruan guna melindugi penggunaan browser terhadap serangan Spectre.

Hacker Bisa Intip Percakapan di WhatsApp
Copyright©Crafty Tech Blog

Cara Mencegah Bug Meltdwn dan Spectre di Android

Pada platform Android, eksploitasi telah terbukti sulit dan terbatas pada sebagian besar perangkat Android,” kata Google.

Perusahaan raksasa tersebut yang meluncurkan sebuah patch ke produsen ponsel Android pada Desember 2017, tetapi proses untuk pembaruan keamanan Android sendiri tergolong sangat lambat sebab produsen yang memiliki jadwal update tersendiri, sehingga sejumlah perangkat Android lama kemungkinan tidak kebagian upda sama sekali.

Untuk perangkat Android lawas yang belum diperbarui, hal tersebut menjadi rentan untuk sejumlah bug lainnya. Untuk penggina Android dengan perangkat Pixel atau Nexus yang mendapatkan patch mereka bulan ini.

Baca Juga : Buruan Coba! Begini Cara Simpan Simpan Postingan Facebook untuk Dibaca Nanti

Cara paling mudah untuk mencegah gadget adanya celah bug yakni selalu update smartphopne Android dengan patch keamanan terbaru, sebab tiap developer smartphone telah menyediakan namun dalam jangka waktu yang terbatas.

Untuk melakukannya bisa masuk ke menu System Update pada menu Settings. Bukan itu saja, anda juga dapat mengecek ada tidaknya pembaruan pada aplikasi Updater yang telah tersedia.

Mencegah Bug Meltdown dan Spectre pada iOS

Apabila anda telah menginstal iOS versi 11.2 terbaru diperangkat iPhone. Kemungkinan sudah terlindungi dari bermacam bug yang ditemukan peneliti tim Apple. Dimana pihak Apple yang menyatakan versi tersebut mencakup sejumlah mitigasi, sehingga lebih banyak perlindungan dalam pembaruannya.

Untuk mengecek, buka Pengaturan > Umum > Tentang dan cari versi terbaru misal versi 11.2. lalu masuk ke menu Settings > General > Software Upadate untuk mendownload.

Baca Juga : Cara Membuat Peta Sendiri di Google Maps