Geser Samsung, Xiaomi Jadi Vendor Smartphone Teratas di India

0
249
Xiaomi
Copyright©tabloidpulsa

Xiaomi Berhasil Menyalip Samsung, Vendor Samartphone Terbaik Dunia

Eratekno.com – Samsung hampir kehilangan posisinya sebagai vendor teratas di India. Hal tersbeut terlihaat dari laporan penjualan kuartal keempat 2017 dimana pabrikan Korea Selatan harus bersaing dengan Reliace Jio yang merupakan pembuat fitur di negara India.

Bahkan dalam periode yang sama, posisi Samsung berhasil dikudeta oleh Xiaomi. Dari data terbaru firma riset Canalys, vendor asal Tiongkok tersebut berhasil menyalip smartphone paling atas itu dengan angka penjualan mencapai 8,2 juta unit pada kuartal keempat tahun lalu.

Sedangkan tercatat smartphone yang dikirim oleh Samsung mencapai 7,3 juta dalam kuartal tersebut. Dengan demikian kuartal terakhir tahun lalu, Xiaomi berhasil menyodok posisi atas dengan pangsa pasar 27 persen dan kemudian disusul oleh Samsung diposisi kedua dengan raihan pangsa pasar 25 persen.

Baca juga : Terungkap, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi Note 5

Jika digabungkan penjualan kedua vendor smartphone tersebut mengahsilkan lebih dari setengah pangsa pasar smartphone di seluruh India. Samsung sendiri mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 17 persen, tapi itu angka tersebut tidak cukup untuk mempertahanan posisinya di puncak klasemen.

Xiaomi
Copyright©bernas

Posisi vendor kenamaan Korea Selatan tersebut ditempel ketat oleh vendor ternama lainnya seperti Vivo, Oppo dan Lenovo yang mendudukui posiis dibawahnya. Akan tetapi laporan dan hasil riset dari pengiriman smartphone yang dirilis oleh Canalys sediri tak selalu akurat karena bersumber dari data yang tidak lengkap atau tidak resmi,

Namun meskipun demikian bukan tidak mungkin Xiaomi akan megambil alih posisi teratas yang diduduki oleh Samsung. Selain itu sejumlah firma riset pasar lainnya menyebutakan jika sebuah keberuntungan yang didapat oleh vendor asal Tiongkok tersebut.

Baca juga : Foto Diduga Xiaomi Mi X6 Beredar di Internet, Seperti Apa?

Dari Counterpoint Research tepatnya bulan Oktober 2017 lalu, menyebut jika Samsung dan Xiaomi bersaing sangat ketat untuk mendapatkan posisi teratas. Data lain tepatnya dari firma IDC menyebutkan jika kedua vendor telah berhasil meraih pangsa pasar dengan besaran sama yaitu 23,5 persen.

Sementara itu kelemahan Samsung sendiri yakni selain jajaran kelas menengah yang cenderung menurun juga konsep ekonomis perusahaan yang berada jauh dengan Xiaomi. Sejumlah rumor menyebut jika Samsung saat ini tengah mempertimbangkan untuk mengubah strategi melawan Xiaomi di India. Namun hingga kini belum diumumkan hasil selanjutnya dan wajar saja jika Xiaomi menjadi yang terdepan karena berani menawarkan perangkat harga terjangkau dengan spesifikasi tinggi.

Baca juga : Setelah Kantongi Paten, Samsung Gunakan Pemindai Sidik Jari di Layar Galaxy Note 9?