Jangan Sampai Ketinggalan Jaman, Ini Nih 6 Tips Memotret dengan Smartphone Ala Travel Blogger

0
256
smartphone
[email protected]

Abadikan Momen Tanpa Kamera Digital, Kalian Wajib Tau 6 Tips Memotret dengan Smartphone Ini!

Eratekno.com – Saat ini memotret dengan mengabadikan bermacam-macam hal dalam perjalan seperti ketika traveling menjadi suatu kewajiban. Untuk melakukannya tentu bagi kebanyakan orang selalu mengandalkan smartphone dan perangkat yang satu ini tak akan lepas dari genggaman.

Apalagi saat ini smartphone memiliki kualitas tangkapan gambar atau hasil jepretan yang tak kalah dengan kamera digital stand alone. Ponsel pintar pun juga daat menjadi senjata handal untuk memotret, bahkan pengguna dapat secara praktis mengunggah langsung hasil jepretan ke media sosial.

Baca juga : Wajib Tau, Ini Nih 6 Tips Pilih Smartphone yang Paling Pas Buat Anda

Dikatakan demikan karena ponsel akan terhubung langsung dengan internet. Namun untuk mendapatkan jepretan lebih ciamik, terdapat sejumlah tips yang dapat dilakukan ketika memotret dengan ponsel. Berikut ini tips memotrek dengan smartphone ala Travel Blogger :

1. Memastikan Lensa Kamera Bersih
Permasalahan ini mungkin dapat dikatakan sepele, tapi asal kalian tahu lensa yang kotor tentu akan sangat mempengaruhi hasil jepretan karena dapat membuat foto buram atau seolah-olah berkabut. Tak perlu alat khusus untuk membersihkannya, kalian hanya perlu mengelap dengan baju ataupun kain yag lembut.

smartphone
[email protected]

2. Cari Leading Lines Guna Komposiis Menarik
Leading Lines sendiri merupakan elemen garis-garis dalam foto yang menuntun mata untuk menelusuri frame foto seperti jalan yang di ujungnya terdapat objek menarik. Denga Leading Lies, pengguna dapat menjepret foto dengan pola geometris dan simetri. Maka dari itu disarankan pengguna smartphone dengan jeli memerhatikan peluang untuk kompisisi ini di lingkungan sekitar.

3. ‘Bingkai’ atau Gamar dengan Frame
Framing alais membuat bingkai di dalam bingkai foto menjadi tehnik yang dapat dipakai dan bisa pula diterapkan dalam fotografi smartphone. Caranya yakni dengan menempatkan objek dalam sebuah bingkai, perhatian mata terfokus pada objek tersebut serta memberikan efek visual yang menarik.

4. Memerhatikan Cahaya
Supaya kualitas jepretan maksimal, semua kamera membutuhan cahaya yang cukup. Selian itu arah dan warna cahaya pun juga menentukan hasil akhir gambar dan dapat memberikan efek visual yang dramatis pada foto. Bayangkan yang muncul tentu dapat mempertegas bentuk serta membuat dimensi sebuah objek menjadi lebih terlihat.

Baca juga : Supaya Aman, Ini Dia Tips Menghindari Smartphone Meledak

5. Nikmati Jepretan dengan Mata Sendiri
Memotret menjadi kegiatan seru dan mengasyikan. Simpan kamera atau ponsel dan lihatlah dengan mata keindahan yang ada saat itu karena keindahan perlu diseimbangkan dengan dinikmati melalui mata sendiri. Sedangkan update ke media sosial tak harus dilakukan saat itu juga dan dapat menunggu di kemudian waktu.

6. Hemat Baterai
Baik kamera digital maupun smartphone yang kehabisan baterai tentu tak ada gunanya yang berarti tak bisa digunakan untuk memotret. Maka dari itu pentingnya menjaga baterai gadget saat traveling juga menjadi kunci sebelum melakukan pengambilan foto. Hal itu perlu dilakukan, apalagi belum tentu daerah tujuan sekitar traveling menyediakan colokan listrik guna mengisi baterai perangkat.

Baca juga :  Ini Dia 5 Tips Memilih Kamera Smartphone Yang Canggih Biar Nggak Dibohongi Penjual