Sering Disisihkan, Ini Dia 7 Smartphone Jadul Dengan Harga Super Mahal

0
3282
smartphone
[email protected]

Woow.. Ini Nih 7 Ponsel Jadul Dengan Harga Mahal, Apa Saja?

Eratekno.comSmartphone dianggap sebagai perangkat ‘sekali pakai’, karena ketika sudah ketinggalan perangkat langsung tak digunakan lagi. Untuk gantinya pengguna biasanya akan membeli ponsel terbaru mengikuti tren saat ini.

Akan tetapi hal tersebut sepertinya tak belaku untuk 7 jenis ponsel klasik yang bisa dikatakan menjadi buruan kolektor. Bukan mengalami penurunan harga, namun ketujuh ponsel klasik ini justru dibanderol dengan harga mahal dan jauh diatas dengan harga aslinya.

Baca juga : Padukan Warna Merah dan Emas, Razer Phone Gold Limited Edition Hadir Sambut Hari Raya Imlek

Lalu smartphone jadul apa saja yag diaggap kolektor sebagai barang antik itu? Beirkut ini 7 ponsel jadul dengan harga mahal :

1. Motorola DynaTAC

Motorola_DynaTAC
[email protected]

Smartphone yang satu ini bisa dikatakan sudah ‘Uzur’, pasalnya perangkat ini diciptakan oleh seoranag pencipta ponsel, Martin Cooper sekitar tahun 1973. Perangkat ini merupakan telepon genggam pertama yang berhasil melakukan panggilan dan menjadi ponsel komersial pertama yang ada di pasaran sekitar tahun 1984. Ukuarannya yang sebesar batu bata menjadikan ponsel ini generasi pertama yang dijuluki ‘Goliath’. DynaTac yang masih berfungsi kini dihargai sekitar 500 dollar AS atau setara dengan Rp 6,8 jutaan.

2. Nokia 8110

Nokia 8110
[email protected]

Jika dilihat secara visual ponsel Nokia generasi awal ini memiliki uuran besar, dilengkapi dengan antena, tombol angka dan layar monokrom. Namun siapa sangka jika haragnya justru setara dengan smartphone keluaran terbaru. Terlihat di eBay masih tersidia Nokia 8110 dalam kondisi dalam kotak tersegel.Ponsel ini dihargai 500 dollar AS atau setara dengan Rp 6,8 jutaan dan untuk versi bekasnya dihargai sekitar 55 sampai 200 dollar AS atau Rp 738.00 sampai Rp 2,6 jutaan.

3. iPhone 2G generasi pertama

iPhone 2G
[email protected]

Perangkat ini merupakan ponsel keluaran tahun 2000-an yang harganya kini bisa jauh di atas banderol awalnya dulu. Apple membanderol iPhone ini seharga 600 dollar AS saat pertama dipasarkan dan sekarang harga iPhone generasi pertama ini bisa mencapai ribuan dollar AS jika masih dalam keadaan tersegel di kemasan aslinya.

4. Nokia 808 Pureview

Nokia 808 PureView
[email protected]

Ponsel buatan Firlandia ini merupakan model tahun 2012 dan masih mengadopsi sistem operasi (OS) Symbian. Nokia 808 PureView dinobatkan sebagai posel dengan kualitas terbaik di masanya, sebab kameraanya memiliki resolusi 41 megapiksel dengan lensacarl Zeiss serta flash xenon. Perangakat ini masih bisa ditemui dengan harga kisaran 200 hingga 300 dollar AS atau setara dengan Rp 2,7 hingga 4 jutaan untuk yang masih berfungsi dengan baik.

5. Samsung SPH-N270

Samsung Matrix
[email protected]

Perangkat ini peratama kali diperkenalakan dalam trilogi film The Matrix, tepatnya sekuel The Matrix, Reloaded. Bentuk fisiknya terbilang unik, berbeda dari ponsel lain yakni layar tertutup oleh cover yng memuat speaker posnel (earoiece). Ketika pengguna menekan sebuah tombol untuk melakukan panggilan, penutup tersebut akan terbuka dengan gaya pegas, sehingga memperlihatkan layar monokrom ponsel. Dikenalkan tahun 2003, ponsel tersebut saat ini sibanderol dengan harga rata-rata 750 dollar AS aatu setara dengan Rp 10 jutan

Baca juga : Patahkan Dominasi Intel, Samsung Jadi Raja Produsen Chip Dunia

6. Nokia 8800 Arte Carbon

nokia-8800-carbon-arte
[email protected]

Arte carbon merupakaan smartphone yang dibuat mengggunakan material premium mulai dari stainless, serat karbon dan titanium. Untuk desain menggunaka konsep slider yakni tombol-tombol ponsel tertutup cover yang dapat dibuka dengan digeser. Nokia 8800 Arte Carbon semakin sulit ditemukan, maka kolektor berani menawarnya hingga 500 dolar AS atauRp 2,6 jutaan untuk perangkat yang masih berfungsi dan 1.000 dollar AS atau setara dengan Rp 13,5 jutaan untuk yang masih dalam boks tersegel.

7. Motorola Aura R1

Motorola-Aura
[email protected]

Ponsel Motorola yang meluncur sekitar tahun 2008 ini menjadi salah satu produk yang terbilang unik karena bodinya terbuat dari material kelas satu. Desain badan ponsel ini menggunakanmateri stailess steel dan safir. Perangkat ini kerap disebut jam tangan mewah karena adanya mekanisme ayun untuk membuka penutup tombol angka dan layarnya. Motorola Aura R1 masih bisa ditemukan dengan banderol mahal, mencapai kisaran 1.000 dollar AS atau setara dengan Rp 13,5 jutaan atau juga bisa disetarakan dengan iPhone X model terbaru.

Baca juga : Kibarkan Bendera Putih, LG Akhirnya Memilih Hengkang dari Tiongkok