Supaya Aman, Ini Dia Tips Menghindari Smartphone Meledak

0
302
Ponsel-Meledak
copyright©ponselwarga

Wajib Dicoba, Berikut Cara Menghidari Smartphone Meledak

Eratekno.com – Seperti diketahui jika kasus smartphone meledak beberapa waktu terakhir sempat menghebohkan publik. Salah satu kasus yang cukup menyita perhatian pekan ini yakni menimpa bocah asal Tiongkok.

Bocah tersebut menderita luka parah karena ledakan ponsel Hua Tang VT-V59 yang tengah diisi dayanya. Kejadian meledaknya smarphone sendiri tak hanya menimpa ponsel Hua Tang saja, namun beberapa ponsel keluaran vedor kenamaan lain pun juga didapati beberapa kali meledak serta mengakibatkan korbannya mengalami luka bakar yang cukup parah akibat ledakan.

Mengenai kasus smartphone meledak ini memang kerap kali berhubungan dengan baterai. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjaga diri kita dan orang terdekat dari kejadian meledaknya ponsel ini?

Baca juga : Predikat ‘Perusak Harga Pasar’ Akan Hilang Jika Melihat Harga Harga Xiaomi Mi 7

Berikut tips menghindari posel meledak :

1. Isi Daya dengan Benar
Pengisian daya yang idelal yakni menggunakan charger yang disediakan oleh vendor ponsel yang dimiliki. Kemudian jangan lupa untuk melepas kabel ketika ponsel telah selesai diisi. Jika kabel pengisian daya tak dicabut bisa saja membuat ponsel kepanasan hingga mengakibatakan konslet serta hal itu dapat merujuk ke ledakan.

Ponsel-Meledak
copyright©agenpulsa

2. Jangan Sampai Panas
Ponsel yang kepanasan ternyata juga menjadi pemicu ledakan. Salah satu cara mengantisipasinya yakni selain mencegah pengisian daya yakni dengan melepas lapisan ponsel supaya ponsel dapat mendingin. Hal yang sama juga dapat dilakukan ketika sedang bermain gim yakni saat ponsel mulai panas letakkan terlebih dahulu agar tangan tidak kepanasan.

3. Pilih tempat yanag Aman Saat Pengisian Daya
kebayakan orang menggunakan ponsel di kasur sebelum tidur, bahkan ketika mereka tidur ponsel justru malah diletakkan di kasur. Hal berbahaya dari tindakan tersebut yakni ketika memainkan atau menaruh ponsel di kasur, sedangkan ponsel sedang tersambung untuk mengisi daya.

Baca juga : Chipset ReefShark Diluncurkan Nokia Untuk Mendukung Jaringan 5G, Seperti Apa?

4. Mengganti Ponsel dengan yang Baru
Jika mendengar smartphone meledak dan perangkat yang meledak itu merupakan ponsel satu tipe, maka ada baiknya langsung dengan ponsel yang baru. Keselamatan lebih penting dibandingkan yang maupun gadget.

5. Hindari Tekanan Pada Ponsel
Ponsel yang terjatuh akan mengakibatkan ponsel terganggu atau sering kali disebut konslet. Namun ternyata selain terjatuh, smartphone yang posisinya tergencet atau tertekan karena diduduki dan lain sebagainya ternyata bisa mengakibatkan baterai menjadi bocor dan bisa mengakibatakan ledakan ponsel.

Baca juga : Asik, Ini Nih Cara Bernostalgia dengan Foto Atau Video Lawas di Instagram