Update Terbaru, Samsung Berbasis Android Oreo Bisa Gunakan Konten GIF di Layar Lho!

0
966
samsung
[email protected]

Ponsel Pakai Sistem Operasi Android 8.0 Oreo, Fitur Always On di Samsung Galaxy Bisa Pajang Konten GIF

Eratekno.com – Tak ingin ketinggalan, kali ini Samsung kembali menyajikan fitur baru yang tentunya lebih menarik. Fitur tersebut diperuntukan untuk fitur Always On Display (AOD) pada smartphone miliknya. Seperti apa fitur baru ini?

Samsung sendiri memberikan inovasi yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan GIF pada layar AOD smartphone mereka yang diketahui telah memiliki sistem Android 8.0 Oreo. Pilihan GIF yang dapat ditampilkan pada fitur AOD ini bisa disediakan Samsung ataupun dari galeri pribadi milik pengguna.

Baca juga : Muncul di GeekBench, Samsung Galaxy Note 9 Bakal Usung Chipset Qualcomm 8-bit Snapdragon 845 dan RAM 6GB

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengenalkan fitur AOD ini melalui dua perangkatnya yakni Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Jika pengguna mengaktifkan fitur ini, maka sesuai dengan namanya yakni perangkat pengguna akan terus menyala dan akan menampilkan jam, kalender maupun gambar.

Cukup diketahui, sebelum adanya fitur GIF, Samsung memberikan fitur foto untuk ditampilkan pada AOD. Dengan demikian pengguna pun dapat memunculkan foto selfie, foto orang-orang yang mereka sayangi ataupun bisa juga meme lucu. Namun terdapat satu kekurangan yang dimiliki oleh fitur terbaru ini yakni dapat menguras baterai dengan cepat.

samsung
[email protected]

Selain itu, GIF ini juga tak akan terus-menerus bergerak, meski bisa mulai bergerak lagi saat layar diketuk dua kali. Namun jika GIF tidak bergerak terus-terusan, hal ini pun diklaim mampu mengatasi borosnya baterai. Untuk saat ini, fitur GIF ini hanya dapat dinikmati di perangkat Galaxy S8 dan S8 Plus serta Galaxy Note 8 yang tentunya sudah melakukan update terlebih dulu. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S9 dan S9+ diperkirakan dalam waktu dekat juga akan segera menikmati fitur ini.

Sementara itu, GIF sendiri telah menjadi permainan yang menarik di segala platform. Meskipun sempat tersandung kontroversi, fitur ini pasti kembali lagi untuk penggguna. Seperti yang dialami Instagram yang baru-baru ini tak bisa memakai fitur GIF karena dikritik mengandung konten rasis, namun sekarang sudah bisa digunakan kembali.

Baca juga : Keluhan Dispaly Tak Responsif Pada Duo Samsung Galaxy S9 Terus Berdatangan, Kenapa?

Dikatakan oleh juru bicara Instagram jika mereka menjalin kontak dengan Giphy terkait dengan fitur ini. Sedangkan dalam pernyataannya, juru bicara Giphy meminta maaf kepada siapun terkait dengan masalah ini. Cukup diketahui jika sebelumnya Instagram dan Snapchat menghapus integrasi layanan dengan GIF yang disediakan Giphy dan itu dikarenakan ditemuannya GIF berbau rasis dalam platform berbagi GIF tersebut.

Update fitur GIF ini sendiri memang bukanlah pembaruan besar yang dibawa Samsung. Namun meskipun demikian dengan update ini pengguna tentu akan lebih kreatif memanfaatkan fitur Always On Display sebagai pesonalisasi perangkat mereka. Always On Display sendiri juga disebut sebagai salah satu fitur untuk membuat konsumsi energi semakin efesien, sebab pengguna tak perlu lagi menyalakan layar untuk melihat waktu ataupun pemberitahuan penting lainnya.

Baca juga : Kurang Puas dengan Hasil Jepretan, Begini Cara Mudah Maksimalkan Kamera Canggih Samsung Galaxy S9