Cara “Menghapus” Aplikasi Bawaan di Smartphone Android

0
105
cara hapus aplikasi bawaan android

cara hapus aplikasi bawaan android

ERATEKNO.COMCara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone. Sebagaian perangkat android seperti Smartphone didalamnya sudah terdapat aplikasi bawaan atau istilah lainnya adalah bloatware. Ada beragam aplikasi bawaan yang sudah terinstal, biasanya berupa aplikasi perakiraan cuaca, game, cloud storage, antivirus dan lain sebagainya.

Namun terkadang aplikasi-aplikasi tersebut tidak begitu dibutuhkan oleh kita dan justru pengguna smartphone menjadi terganggu dengan kehadirannya. Apalagi aplikasi tersebut tidak bisa di uninstall.

Jika ingin menghapusnya secara permanen, maka perangkat android harus dilakukan rooting yang memiliki resiko cukup besar. Sebenarnya ada cara lain untuk “menghapus” aplikasi tersebut agar tidak memakan daya dan memory cukup besar, seperti dilansir Android Autorithy minimal ada dua langkah yang bisa anda lakukan, diantaranya.

1. Mematikan Aplikasi

Cara ini cukup mudah dilakukan, meskipun aplikasi ini tidak bisa dihapus secara permanen, tetapi aplikasi tersebut tidak berjalan di background juga tidak muncul di home screen sehingga ponsel bisa menghemat daya serta memori.

Caranya cukup mudah, anda tinggal masuk ke menu pengaturan (setting), kemudian pilih “Apps” (Application Manager), setelah itu pilih aplikasi yang akan dimatikan, nantinya akan muncul peringatan jika anda akan melakukan disable. Klik Disable dan pilih “YES”. Maka aplikasi tersebut akan tidak aktif dan tidk berjalan di background.

2. Menyembunyikan Aplikasi

Cara ini hanya sebatas menyembunyikan aplikasi yang terdapat di home sreen namun masih tetap berjalan di background dan memakan daya serta memori. Ada beberapa msartphone yang menyediakan fasilitas Hide/Show Aplikasi.

Jika Smartphone anda terdapat fasilitas ini, maka anda hanya perlu menuju menu App Drawer, kemudian pilih opsi Hide/Show Apps.

Nah demikian cara yang paling mungkin anda lakukan untuk menghilangkan aplikasi di Smartphone android. Jika ingin menghapusnya secara permanen, maka anda harus melakukan roating namun itu sangat beresiko merusak sistem smartphone secara keseluruhan.