Jangan Panik! Begini Cara Memperbaiki SD Card yang Rusak

0
23514
copyright©Segiempat

SD Card Kamu Rusak? Perbaiki dengan Cara Ini

Eratekno.com – Penggunaan SD Card atau biasnya sering di sebut memori eksternal hingga saat ini memang masih di pakai beberapa orang untuk menyimpan fole di perangkat yang di gunakan baik itu pada smartphone, tablet atau kamera digital.

Akan tetapu terkadang ada beberapa beberapa masalah yang menimpa SD Card, seperti SD Card rusak dan tidak bisa terbaca. Tapi tenang, berikut ini tips memperbaiki SD Card yang rusak atau yang tida bisa terbaca.

Baca juga: 5 Hal yang Dilarang Ketika Mengisi Daya Baterai Smartphone

  • Bersihkan SD Card

Tips yang pertama yakni keluarkan SD Card milikmu dari perangkat, lalu lempengan tembaga yang berwarna kuning sedikit keemasan itu bersihkan secara perhalan dengan menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih, gosok pelan-pelan gingga bersih dan warna kuning terlihat cerah.

Setelah itu masukkan kembali memori ke perangkat dan cek apakah sudah bisa terbaca atau belum.

copyright©masputz
  • Format Di Perangkat atau PC

Di perangkat

Langkah kedua agar SD Card kamu dapat terdeteksi kembali adalah dengan cara memformatinya. Langkah ini sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Setting lalu pilih menu opsi Storage. Pada menu tersebut ada menu hapus SDCard dan pilih menu tersebut.

Dengan cara menghapus atau memformat SD Card maka memori akan kembali bersih seperti semula dan SD Card kamu pun dapat kembali terbaca dan dapat di gunakan kembali.

       Baca juga Jangan Panik! Begini Cara Mudah Kunci Smartphone Android dari Jarak Jauh