Perhatikan 6 Tips Aman Membeli Ponsel Secara Online

Tips aman belanja online

Ilustrasi: Belanja Online

ERATEKNO.COM. 6 Tips Aman Membeli Ponsel Secara Online. Saat ini perkembangan dunia internet semakin pesat, kini kita tak lagi repot berbelanja karena harus keluar rumah, melainkan berbelanja cukup memalui laptop atau gadget anda, kemudian tunggu beberapa hari sampai barang yang dibeli sampai kerumah.

Berbelanja online memang telah menjadi gaya hidup sebagian orang, tak lagi diperkotaan melainkan orang daerahpun sudah mulai mengenal belanja online. Namun bukan berarti belanja online tidak memiliki resiko yang cukup besar.

Seperti kasus yang sering terjadi saat berbelanja sebuah ponsel secara online, banyak yang merasa tertipu karena ponsel yang dibeli tak kunjung datang ke rumah, atau barang yang dibeli ternyata palsu atau cacat.

Nah kali ini tim Eratekno.com akan memberikan beberapa tips yang perlu anda perhatikan sebelum berbelanja ponsel secara online demi keamanan belanja anda. Berikut rinciannya.

1. Pilih Toko Online Yang Tepat

Ada banyak sekali toko online yang menawarkan produk beragam seperti Smartphone. Namun tidak smeua toko online tersebut bisa dipercaya. Yang perlu anda lakukan adalah mengidentifikasi terlebih dahulu toko online yang dimaksud. Apakah memiliki reputasi yang cukup baik atau tidak.

Tidak cukup hanya reputasi saja melainkan prosedur belanja yang diberikan seperti cara pembayaran, cara pengiriman dan term and condition yang jelas seperti hal barang yang keterima ternyata cacat, bagaimana pengembaliannya serta garansi yang diberikan.

Disarankan bagia anda untuk berbelanja Ponsel secara online kepada toko online berbentuk perusahaan dan jangan perorangan.

2. Jangan Mudah Tergoda harga Murah

Siapapun pasti akan tergoda dengan harga yang murah apalagi untuk sebuah smartphone idaman yang anda inginkan. Ada banyak cara penipu online menawarkan produknya yakni mendiskon besar-besaran harga ponsel tersebut. Logikanya harga ponsel idaman anda normalnya misalnya Rp.2 jutaan namun mereka berani mendiskon hingga dibawah Rp.1.5 jutaan. Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan harga yang terlampau murah.

3. Perhatikan status Ponsel Yang Akan Dibeli

Ada kaitannya dengan harga ponsel yang terlampau murah dibanding harga normalnya, si penjual beranggapan ponsel tersebut masih baru hanya saja didapat dari Black Market (BM). Apapaun itu produk Black Market tidak memiliki garansi resmi, kualitas juga masih dipertanyakan dan termsuk barang ilegal.

4. Cara dan Waktu Pengiriman

Sebaiknya perhatikan cara pengiriman ponsel yang dibeli, menggunakan jasa apa, sebagai contoh menggunakan jasa JNE, maka mintalah tracking pengiriman barang anda untuk memantau perjalanan paket anda. Kemudian berapa lama waktu sampai ditujuan dari setelah tramsaksi.

5. Gunakan Komputer Pribadi

Agar lebih aman sebaiknya anda menggunakan komputer pribadi untuk transaksi online membeli ponsel secara online. Ini demi menjaga account transaksi anda seperti E-banking, kartu Kredit, Paypal dan lain sebagainya. Jangan sekali-sekali menggunakan perangkat umum seperti komputer warnet. Jika sudah melakukan ransaksi sebaiknya hapus cookies komputer anda.

6. Baca Testimonial

Yang terakhir yang perlu anda perhatikan adalah testimonial dari pelanggan. Tentunya toko online akan menampilkan berbagai testimoni hasil penualannya meskpun pada kenyataannya terstiomi tersebut bisa dibuat-buat.

Nah, demikian ulasan kami mengenai 6 Tips aman membeli ponsel secara online. Sebaiknya perhatikan tips diatas agar berbelanja online anda menjadi lebih aman.