Tak Ingin Boros, Ini Nih Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan WhatsApp

0
3113
WhatsApp
Copyright©Ist

Menghemat Kuota Saat Menggunakan WhatsApp, Begini Caranya!

Eratekno.com – Kini aplikasi kirim pesan WhatsApp tengah menjadi populer dan saat ini pemakai aplikasi ini sduah menembus angka 1,5 miliar pengguna. Salah satu dari pengguna itu mungkin Anda.

Aplikasi ini sekarang dijadikan alat utama untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Layanan ini menjadi alat komuniksi banyak orang, bukan hanya sebagai alat berkirim pesan berupa teks, namun juga bisa megirimkan beragam file mulai dari gambar, video, audio, dokumen hingga melakukan panggilan suara maupun video.

Baca juga : Wajib Baca! Begini Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa di Uninstall

Tentunya jika kali penggguna aktif, maka setiap hari harus berkomuniksi dengan WhatsApp. Apalagi memiliki puluhan grub chat yanag saling mengirimkan pesan, tentunya hal itu semua memerlukan kuota internet yang banyak serta kencang. Selain itu Anda tentunya ingin menghemat kuota, namun tetap bisa berkomunikasi dengan layanan ini. Lalu bagaimana caranya?

Guna menghemat kuota tersebut, untungnya aplikasi kirim pesan ini memiliki fitur alternatif agar tak menyedot banyak kuota. Berikut ini langkah-langkah mengehmat kuota saat menggunakan WhatsApp :

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp, kemudian pilih ikon titik tiga yang berbeda dipojok kanan atas lalu pilih menu Setelan atau Setting.

WhatsApp
copyright©carasaya

2. Di menu setelan pilih menu Penggunaan data dan Penyimpanan (Data and Storage Usage

WhatsApp
copyright©detiknet

3. Pada bagian unduh otomatis media (Media Auto-Download), klik menu ‘Saat menggunakan Data Seluler’ (When using mobile data). Pada bagian ini Anda bisa menghilangkan semua centang muaai dari foto, audio, video ataupun file yang dikirim lewat WhatsApp secara otomatis tidak akan diunduh. Ini menjadi bagian paling penting dalam menghemat kuota.

WhatsApp
copyright©gambarponsel

Jika Anda memiliki grub chat dan aktif, tentu segala chat berupa foto dan video akan masuk. Dengan demikian secara otomatis terunduh, sehingga mengakibatkan kuota internet semakin tersedot habis.

Baca juga : Duolingo, Aplikasi Belajar Bahasa Korea Secara Gratis

4. langkah terakhir yakni silahkan berikan centang pada pilihan Penggunaan Data Minimum (Low data Usage). Dengan Anda mencentang opsi ini, maka ketika melakukan panggilan suara atau video, fitur ini akan menekan data sehingga akan menghemat kuota internet.

WhatsApp
copyright©semutplay

Begitulah cara menghemat kuota Internet ketika menggunakan WhatsApp. Dengan mengatur pengguaan data dan penyimpanan, Anda bisa membatasi file mulai dari foto hingga video yang masuk atau diterima.

Baca juga : Diam di Acara MWC 2018, HTC Siapkan Smartphone Bezeless Harga Terjangkau?