Tips Mudah Memotong SIM Card Sendiri Jadi Nano atau Micro SIM

Tips memotong SIM CARD

Memotong Sim Card, Gambar: Obi.Ninja.com

ERATEKNO.COM. Saat ini sebagian besar smartphone mengadopsi sim card berukuran kecil atau biasa kita kenal dengan Micro-SIM atau Nano-SIM.

Mungkin anda baru membeli sebuah smartphone, kemudian ketika akan dipasang sim card, pegawai toko ponsel tersebut langsung memotong sim card anda agar bisa dimasukan ke slot sim card yang ada di ponsel. Mungkin hal itu tidak dikenakan biaya. Namun belakangan toko ponsel memasang tarif sendiri jika anda berencana mengganti sim card yang baru di ponsel anda.

Nah, untuk menghemat biaya serta waktu karena anda harus pergi ke toko ponsel, sebenarnya anda bisa memotong sim card sendiri dirumah dengan sangat mudah, hanya saja perlu ketelitian dan hati-hati agar tidak rusak.

Anda hanya perlu menggunakan gunting yang tajam untuk memotong, kemudian potong bagian tepi plastik atau sisi-sisinya dan jangan mengenai bagian kuning atau konektornya karena akan merusak fungsinya. Anda hanya perlu teliti dan hati-hati.

Yang perlu diingat adalah ukuran SIM Card yang mendukung ponsel pintar anda. Anda haru tahu apakah ukurannya Nano SIM atau micro SIM. Untuk Nano SIM memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan micro SIM. Dibawah ini kami berikan ilustrasi gambar ukuran SIM Card yang dibutuhkan yang bisa anda potong.

ukuran nano sim dan micro SIM Card

Catatan penting, hati-hati dalam memotong agar sim card masih berfungsi, karena kalau sampai rusak, anda harus menggantinya di kantor operator sim card tersebut tentunya dengan biaya tambahan. Jangan takut juga untuk memotong sendiri karena sebenarnya sangat mudah dilakukan.