Tembok Tembus Pandang, Desain Unik Kantor Apple yang Sulitkan Pegawai

0
394
Apple
[email protected] teknologi

Kantor Terbuat Kaca Tembus Pandang, Pegawai Apple Keluhkan Sering Tabrak Tembok

Eratekno.comApple nampaknya selesai membangun gedung barunya yang dinamai Apple Campus. Gedung yang mendapat julukan ‘spaceship’ ini sempat menarik banyak perhatian karena rancangannya yang mirip dengan piring terbang UFO.

Tercatat total dana yang dihabiskan untuk pembangunan Apple Campus ini mencapai 5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 67 triliun. Namun ternyata rancangan yang indah dan biaya yang mahal tidak sesuai dengan efensiensi dan praktik.

Baca juga : Apple Bakal Luncurakan Perangkat Baru Bulan Depan, Akankah iPhone Baru?

Laporan menyebutkan jika ada keluhan dari pegawai yang kerap menabrak tembok karena ruang-ruang kerja di kantor Apple memakai tembok berupa kaca tembus pandang. Disebutkan jika tujuan tembok didesain tembus pandang yakni agar lebih memperkuat koneksi para pegawai.

Demi mencegah kejadian menabrak tembok, para pegawai pun berinisiatif memasang sticky notes di tembok kaca tersebut. Hal itu mereka lakukan supaya mereka melihat ketika berjalan ke arah tembok. Mengenai hal ini, pihak kantor Apple sendiri mengaku tidak terlalu suka dengan inisiatif dan kerap kali mencabut sticky notes yang ditempel pegawainya.

Apple
[email protected]

Pihak kantor mencabutnya kerena penempelan sticky notes ini mempengaruhi penampilan rancangan gedung. Menanggapi hal tersebut para pegawai pun akhirnya mencoba cara lain yakni dengan menandai tembok-tembok kaca di kantor mereka. Cukup diketahui jika gedung Apple sendiri dirancang oleh Jony Ive dan dia merupakan pria kelahiran Inggris yang menjabat sebagai kepala perancang di perusahaan kenamaan Amerika Serikat tersebut.

Baca juga : Semakin ‘Mesra’ Dengan Apple, iPhone Kabarnya Bakal Gunakan Chip Intel Tahun Ini

Sementara itu disamping gedung baru milik Apple, disebutkan jika kinerja pemasaran Apple untuk produk terbarunya dilaporkan menurun. Dari catatan laporan menunjukan jika pemasaran produk setelah pertama kali diluncurkan ini semakin lama sejak Tim Cook memegang kendali. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memasarkan produk anyar setelah diperkenalkan dalam enam tahun terakhir yakni 23 hari.

Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya terjadi penurunan, pasalnya kala itu Apple hanya membutuhka waktu 11 hari untuk penjualan produk teranyarnya. Salah satu yang terjadi pada HomePod, speker pintar perdana Apple ini hingga kini belum diketahui kapan akan dipasarkan. Perangkat ini diperkirakan akan menyambangi pasar pada Natal 2017 lalu, namun karena belum siap akhirnya dilakukan perubahan jadwal baru pada awal tahun ini untuk perilisan.

Baca juga : Tak Hanya Apple, Samsung Juga Dituding Bikin Ponsel Lemot