Aktifkan Fitur ini Agar Whatsapp Tak Sedot Banyak Paket Data

0
18568
Copyright©tribunnews

Cara Hemat Paket Internet Saat Gunakan Whatsapp

Eratekno.com – Tidak dapat dipungkiri, jika kini popularitas dari aplikasi Whatsapp memang sedang berada diatas, pasalnya mereka telah memastikan diri menjadi aplikasi pesan instant paling laris didunia saat ini.

Hal tersebut tidak terlepas dari semakin berkembangnya fitur yang ada didalamnya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Namun ditengah semua fasilitas tersebut, tanpa disadari jika ternyata penggunaan kuota dalam menjalankan aplikasi milik Facebook ini cukup besar lho.

Baca juga: Cara Mengubah Tema WhatsApp, Jadi Transparan Lho!

Hal ini bisa terjadi karena Whatsapp memang memiliki fitur canggih seperti melakukan backup data secara otomatis untuk mengamankan beberapa chating penting dari pengguna. Selain itu pada saat anda melakukan telepon maupun video call, hal ini juga mengkonsumsi cukup banyak data juga.

Nah pada kesempatan kali ini kita punya tips rahasia agar nantinya aplikasi Whatsapp kalian tidak menyedot terlalu banyak data. Penasaran? Simak caranya dibawah ini.

Aktifkan Low Data Usage

Ada banyak opsi untuk menghemat paket data atau paket internet sata menggunakan Whatsapp, salah satunya adalah mengaktifkan fitur Low Data Usage. Caranya cukup mudah, silahkan pergi ke menu Setting, lalu pilih menu “Penggunaan data dan penyimpanan”, lalu berikan tanda centang pada bagian penggunaan data minimum.

Copyright©istimewa/eratekno

Lakukan Backup Pada Saat terhubung Wi-Fi

Aplikasi Whatsapp memang diberikan fitur canggih yakni bisa melakukan backup pesan dan juga media kedalam Google Drive. Dengan begini, maka nantinya jika kalian kebetulan ganti smartphone, maka chat lama kalian bisa diunduh lagi pada perangkat baru ini nanti.

Baca juga: Yakin Pacarmu Setia? Coba Cara Buka Chat Whatsapp yang Disembunyikan ini!

Namun sayang, ternyata aktifitas ini cukup banyak menyedot kuota internet tanpa disadari. Dengan jumlah file chat yang banyak ditambah dengan file multimedia yang ukuranya cukup besar akan membuat Whatsapp ini begitu boros kuota. Untuk itu, apabila kalian ingin melakukan backup sebaiknya pada saat terhubung Wifi saja. Berikut caranya:

  • Silahkan buka menu setting, lalu pilih menu Chat
  • Copyright©istimewa/eratekno
  • Lalu pilih menu cadangan chat
  • Copyright©istimewa/eratekno
  • Pada bagian menu ‘Cadangkan melalui’ silahkan pilih ‘Wifi’

Nah itu tadi sedikit informasi dari kami tentang cara menghemat kuota internet saat menggunakan Whatsapp. Dengan begini, maka kalian tak perlu bingung boros kuota lagi saat melakukan chating. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya guys.

Baca juga: Cara membungkam Anggota Grup yang Berisik di WhatsApp