Cara Mencegah Spam di WhatsApp

0
319
WhatsApp
copyright©kompastekno

Mencegah Spam di WhatsApp

Eratekno.com – Sampai saat ini, WhatsApp menjadi salah satu Platform perpesanan yang paling popular di dunia. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya aplikasi ini lebih dari 1.5 miliar pengguna aktif bulanan. Namun sayang seribu sayang, banyak pengguna Whatsapp dimanfaatkan oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab dan usil untuk menyebarkan pesan berisi span bahkan sampai dengan penipuan dan Hoax sehingga menyesatkan penggunanya sendiri.

Baca Juga: Cara Download Status di WhatsApp

Sejumlah pengguna WhatsApp di Indonesia sempat dihebohkan dengan berbagai pesan spam yang terjadi pad aplatform tersebut. Salah satu yang terbaru adalah penipuan penawaran vouceher berhadiah mengatasnamakan restoran makanan cepat saji McDonad’s.

Selian itu, sempat ramai juga kemunculan pesan berisi bug pada aplikasi tersebut dimana mampu memberikan potensi merusak smartphone. Dalam pesan tersebut terdapat symbol tersembunyi diantara spasi yang berupa malware. Bila ditekan akan terjadi serangan beragam mulai dari hang hang sampai menyebabkan bootloop.

Untuk itu, para pengguna WhatsApp perlu hati-hati dalam melakukan tindakan jika sewaktu-waktu dihadapkan pada situasi tersebut. Berikut sejumlah tips untuk menghindari pesan-pesan spam agar tidak termakan olehnya, sebagaimana detikINET kutip dari Digital Trends.

Periksa Kata dalam Tiap pesan

Hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari spam adalah pengguna harus lebih jeli dalam memeriksa tiap kata yang dirasa memberikan penawaran mencurigakan atau menyuguhkan informasi Bombastis.

Baca Juga: Cara Akses WhatsApp Orang Lain di Android

Bijak dalam Mencerna Isi Pesan

Kala user mendapatkan sebuah pesan dengan tampilan yang menarik, misalnya penawaran hadiah, jangan buru-buru percaya terhadap hal tersebut. Hoax, penipuan, atau pesan spam lain biasanya dibungkus semenarik mungkin agar mendapat perhatian bagi pihak penerima, bahkan tak jarang dibuat terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan.

Hindari Pesan yang Minta Informasi Pribadi

Selain orang yang dipercaya, Satu hal yang jangan dilakukan lagi adalah jangan memberikan informasi personal terhadap tautan yang tercantum dalam pesan yang mencurigakan baik itu nomor kartu kredit dan tanggal lahir.

Laporkan Spam

WhatsApp memberikan pilihan bagi user untuk melaporkan sebuah kontak tidak dikenalnya yang memberikan sebuah pesan. Jika pesan yang dikirim memang spam, ada baiknya fitur tersebut dimanfaatkan oleh user.

Baca Juga: Makin Lucu, Whatsapp Bakal Dibekali Fitur Sticker Lho!