Clash of Clans Mulai Sepi Pemain, Benarkah Itu Gara-Gara Mobile Legends?

0
2435
clash-of-clans
copyright©liputan6tekno

Sempat Merajai Gim Mobile, Clash of Clans Sepi Pemain Setelah Muncul Gim Baru Mobile Legends

Eratekno.com – Seperti kita ketahui jika Clash of Clans sempat merajai dunia gim mobile beberapa waktu lalu. Namun kini gim mobile tersebut seperti hilang ditelan bumi dan jarang sekali muncul serta ramai dimainkan seperti dulu.

Sekarang pamor gim besutan Supercell tersebut mulai memudar dan informasi ini pun mencuat ketika Supercell mengalami penurunan pendapatan. Dari laporan yang ada menyebutkan jika keuntungan Supercell menurun drastis. Penurunan tersebut bahkan mencapai 20,5 persen dibandingkan tahun 2016.

Baca juga : Dapat Pembaruan, Ini Dia Jadwal Rilis Game Shaq Fu : A Legend Reborn

Bahkan jumlah pemain gim mobile ini juga menurun, meski tak diungkap presentasenya. Namun kendati demikian, pengembang gim asal Finlandia tersebut menganggap penurunan tersebut sebagai hal yang wajar dalam industri gim, apalagi mengingat usia Clash of Clans sudah cukup lama hadir menemani gammer yakni sudah menginjak lima tahun.

Selain itu adapula yang menganggap jika penurunan jumlah pemain Clash of Clans disebabkan munculnya gim-gim mobile terbaru, seperti halnya Mobile Legends dan Arena of Valor. Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh CEO Supercell, IIkka Paanane. Dia tak menaggapi asumsi hilangnya basis permainan besutannya karena diakibatkan hadirnya Mobile Legends dan kawan-kawan.

clash-of-clans
copyright©jalantikus

Bahkan Paanane justru menyebut jika salah satu alasannya kerena Supercell hingga kini belum juga meluncurkan gim baru. ‘Wajar saja jika turun, kan Clash of Clans sudah lima tahun. Kami pun juga akan merilis gim baru lagi tahun ini’ ujarnya.

Cukup diketahui jika mayoritas saham Supercell saat ini dimiliki oleh Tencent yang merupakan raksasa teknologi asal Tiongkok. Supercell sendiri dibeli Tencent senilai 8,6 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 114 triliun. Disebutkan oleh Tencent jika mereka ingin membeli kepemilikan saham Supercell dari SoftBnk sebesar 84 persen.

Baca juga : Resmi, Super Evil Megacorp Umumkan 5V5 MOBA Sebagai Mode Baru Game Vainglory

Bisa dikatakan jika transaksi ini menjadi akusis teresar yang melampaui angka akusisi Microsoft terhadap Skype pada tahun 2011. Menurut Paananen, kerjasama ini akan memberikan kesempatan besar supaya Supercell lebih berkembang dan menyasar pemain baru lewat jejaring yang Tencent iliki.

Sementara itu cukup diketahui selain gim mobile Clash of Clans, perusahaan asal negeri Tirai Bambu juga telah mengakusisi Riot Games (pengembang gim League of Legends). Dengan demikian studio gim pembuat gim COC, clash Royale dan Hay Day ini akan menjadi studi gim kedua Tencent.

Baca juga : Jangan Lewatkan! Smartfren Bakal Maksimalkan Pengalaman Game MOBA dengan Internet Kecepatan Tinggi Lho!