Inilah 5 Aplikasi Wajib Dihapus dari Ponsel Android Anda!

0
4244
5 aplikasi yang harus dihapus dari hp anroid

5 aplikasi yang harus dihapus dari hp anroid

ERATEKNO.COM. Smartphone android memberikan banyak aplikasi gratis yang bisa diunduh kapan saja oleh penggunanya. Aplikasi tersebut sejatinya memang untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan pengguna.

Seperti halnya aplikasi jejaring sosial semacam Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Namun tahukah anda, semakin banyak aplikasi android yang anda unduh dan instal maka akan mengurangi kapasitas penyimpanan besar-besaran, padahal memori yang diberikan pada ponsel anda cukup terbatas. Dampaknya, kinerja ponsel menjadi lebih lambat.

Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi tersebut sejatinya selalu terhubung dengan internet dan meminta update, alhasil konsumsi daya baterai dan kuota internet semakin besar.

Adakalanya aplikasi yang sudah anda tanam tidak selalu anda buka dan jalankan, bahkan ada beberapa yang terbengkalai sehingga hanya memenuhi ruang penyimpanan saja. Nah, kali ini kami akan berikan informasi mengenai 5 aplikasi yang wajib dihapus dari Ponsel Android anda. Informasi ini seperti dilansir dari tekno,liputan6.com yang dikutip dari Android Pit. Berikut lengkapnya.

1. Facebook

Mungkin ada heran kenapa aplikasi facebook harus diahapus, apalagi anda memang selalu aktif dijejaring sosial ini. Ya, Facebook memang aplikasi jejaring sosial yang cukup populer digunakan oleh banyak orang.

Namun tahukah anda, sebenarnya untuk terhubung dengan facebook anda tidak perlu menginstal aplikasi Facebook for Android, hal ini tentu saja akan mengurangi kapasitas penyimpanan, dan yang lebih merugikan lagi adalah adanya beberapa fitur facebook serta notifikasi menjadikan ponsel android anda semakin boros memori, penuh sampah singgahan dan boros baterai.

Solusinya adalah, anda bisa menggunakan facebook melalui browser, hal ini sudah pasti akan lebih menghemat memori dan juga konsumsi baterai.

2. Aplikasi Cuaca

Terkadang ada beberapa Ponsel Android yang sudah memiliki fitur aplikasi cuaca bawaan. Sudah pasti, fitur ini akan selalu di update setiap waktu untuk informasi cuaca. memang cukup membantu bagi anda yang membutuhkan informasi cuaca terlebih pada saat ingin berpergian.

Hanya saja, update setiap hari akan berakibat pada borosnya konsumsi daya baterai sehingga ponsel lebih cepat mati. Sebaiknya copot aplikasi ini dan anda masih bisa mendapat update cuaca dengan menggunakan fitur Google Now.

3. Anti Virus Gratis

Smartphone Android dikenal mudah terinfeksi virus, namun hal ini dibantah oleh pihak android sendiri sistem operasinya terlindung dari serangan virus dan telah mengakomodasi sistem enkripsi.

Bisa jadi anda pengguna beberapa aplikasi anti virus gratis untuk ponsel Android. Namun tahukah anda, aplikasi ini disinyalir mampu memakan daya baterai cukup besar.

Dan sebenarnya anda tidak memerlukan anti virus untuk ponsel anda selama anda mengunduh beragam aplikasi dan konten dari Google Playstore. Ya, Google PlayStore mengklaim semua aplikasi yang ada didalamnya aman dan bebas virus 100 persen.

4. Clean Master, CC Cleaner dan Aplikasi Pembersih Lainnya

Mungkin saat ini diponsel anda terdapat CC Cleaner atau aplikasi pembersih sampah dan sejenisnya. Memamg jika dilihat dari fungsinya yakni menghapus berkas sampah atau cached data yang memakan kapasitas memori mampu meningkatkan performa ponsel android anda.

Tapi anda harus tahu kalau aplikasi pembersih seperti CC Cleaner, Clean Master, Speed Booster dan lain sebagainya juga bisa menyisakan sampah bawaan dan menguras daya baterai anda.

Padahal anda masih bisa membersihkan cached data dan berkas sampah lainnya secara manual yang lebih epektif dengan cara melalui Setting, kemudian Apps dan menuju ke direktori Dowload, setelah itu anda tinggal pilih Clean Cache untuk memberihkan sampah cache.

5. Browser Bawaab Android

Semua ponsel biasanya sudah terinstal aplikasi browser, namun tahukah anda kalau menggunakan browser ini mampu memakan kuota internet data anda cukup besar, sebaiknya anda menggunakan browser lain seperti Opera Mini yang lebih bersahabat dengan kuota internet anda.