Perangi Hoaks,Fitur Pelacak Pesan Whatsapp Diluncurkan, Seperti Apa?

0
573
Copyright©Batrei

Fitur Pelacak Pesan Whatsapp Rilis Pertama di India

Eratekno.com – Aplikasi pesan instant Whatsapp, akhirnya membuat fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa melacak siapa saja yang meneruskan pesan berantai hingga ke sumber awal nantinya.

Namun fitur baru Whatsapp ini bakal tersedia pertama kali di India. Hal tersebut disampaikan olah Shris Daniels selaku CEO Whatsapp kepada Menteri Teknologi Informasi India, Ravi Shankar Prasad, ketika mereka mengadakan pertemuan di New Delhi, India beberapa waktu lalu.

Baca juga: Aktifkan Fitur ini Agar Whatsapp Tak Sedot Banyak Paket Data

“Tidak perlu ilmu yang terlalu rumit untuk menentukan awal mula pesan yang disebarkan (di WhatsApp),” Kata Prasad usai mengadakan pertemuan dengan CEO Whatsapp kemarin.

Memang perlu diketahui, kasus Hoaks yang terjadi di India memang sangatlah rawan. Pasalnya karena kasus tersebut, telah memakan korban jiwa karena menyebarnya berita bohong melalui pesan berantai di aplikasi Whatsapp.

Copyright©Batrei

Karena hal ini, tekanan kepada pihak Whatsapp untuk menyelesaikan masalah ini pun semakin tinggi agar nantinya tidak memakan korban lebih banyak lagi. Prasad juga mengatakan, jika pihak Whatsapp telah menyetujui untuk memberikan petugas khusus untuk menangani masalah ini.

Baca juga: Cara Merubah Kuota Videomax Jadi Kuota Internet Biasa

Sementara itu, juru bicara dari Facebook di India yang merupakan perusahaan pemilik aplikasi tersebut menolak untuk memberikan komentar lebih jauh terkait masalah itu lebih jauh. Perlu diketahui, jika India telah menjadi salah satu pasar terbesar pengguna Whatsapp.

Di negara tersebut, terdapat sekitar 200 juta orang yang menggunakan aplikasi Whatsapp untuk komunikasi sehari-hari. Selain itu, di India sendiri juga menjadi negara yang warganya lebih sering meneruskan berbagai pesan, video, maupun foto ke orang lain dibandingkan negara lain.

Selain itu, kekhawatiran juga muncul jika pendukung partai politik menggunakan Whatsapp ini untuk menyebarkan beragam informasi palsu di India pada saat ada acara Pemilu pada 2019 nanti. Dan sebagai langkah awal, Whatsapp telah membatasi jumlah pesan yang bisa diteruskan hanya lima kali, baik itu ke grup maupun perorangan.

Baca juga: Mudah Banget, Berikut Cara Daftar Akun Whatsapp Tanpa Nomer HP!