Whatsapp Beri Peringatan Tentang Resiko Backup Data di Google Drive!

0
593
Copyright┬ębimakuru

Backup Data Whatsapp di Google Drive Rawan Pencurian

Eratekno.com – Perusahaan Whatsapp, selaku aplikasi pesan instant paling populer di unia ini telah memperingatkan para pengguna. Hal ini ada kaitannya tentang layanan Backup Gratis yang ditawarkan oleh pihak Google melalui Google Drive.

Dimana pihak Whatsapp mengatakan jika semua data yang diamankan pada akun Google Drive tersebut sangat rawan, pasalnya tidak mendapatkan perlindungan enkripsi end-to-end yang selama ini menjadi fitur andalan Whatsapp guna melindungi privasi pengguna.

Baca juga: Mudah Banget, Berikut Cara Daftar Akun Whatsapp Tanpa Nomer HP!

Dikutip dari laman Tekno.tempo, pada awal bulan ini perusahaan Facebook selaku pemiliki Whatsapp telah bertemu dengan pihak Google. Dimana kedua raksasa teknologi ini telah menjalin kesepakatan untuk menghentikan backup data Whatsapp dari penghitungan kuota penyimpanan yang telah diberikan Google Drive.

Copyright┬ębimakuru

Sehingga dengan begini artinya, semua data Whatsapp yang di simpan pada Google Drive tidak akan mengurangi kapasitas yang disediakan oleh Google Drive. Pihak Whatsapp memperingatkan pengguna, jika data chat maupun file pribadi yang disimpan dalam Drive, tidak akan mendapat perlindungan Enkripsi End-to-end.

Baca juga: Aktifkan Fitur ini Agar Whatsapp Tak Sedot Banyak Paket Data

“Media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp saat berada di Google Drive,” ujar pihak WhatsApp.

Memang perlu diakui, jika pengguna smartphone memang banyak menggunakan fitur Backup yang sangat berguna apabila nanti seseorang kehilangan perangkat miliknya. Dengan begini, maka mereka masih tetap bisa mengambil data dari Whatsapp pada perangkat yang hilang tersebut.

Namun jangan pernah berharap jika faktor keamanan terenkripsi yang dimiliki Whatsapp bakal diterapkan juga dalam penyimpanan Google Drive ini. solusinya, pengguna diharapkan membuat keamanan sandi akun yang kuat dan juga menerapkan fitur otentikasi dua faktor nantinya.

Selain itu, hasil dari kesepakatan ini juga mengharuskan pengguna ponsel android untuk melakukan backup data Whatsapp terbaru sebelum tanggal 12 November 2018. Karena jika tidak, maka data selama setahun ini akan dihapus selamanya nanti.

Baca juga: Perangi Hoaks,Fitur Pelacak Pesan Whatsapp Diluncurkan, Seperti Apa?