Youtube Indonesia Kembali Normal Usai Sempat “Restricted Mode”

0
571
[email protected]

Youtube Indonesia Kembali Normal

Eratekno.com – Pada pekan lalu, sebagian netizen di Indonesia sempat menuturkan keluhan mengenai Youtube yang tiba-tiba berubah menjadi “Restricted Mode” atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti mode terbatas sehingga pengguna tidak bias menonton video secara leluasa.

Baca Juga: Diblokir Facebook, Apple, dan Youtube, inilah Sosok Alex Jones!

Imbasnya, mode ini tidak bias mengakses sejumlah besar video yang ada di Youtube. Video yang seakan “hilang” ini beragam dalam berbagai kategori, sebagian besarnya yakni tidak bias mengakses konten berbau dewasa sama sekali.

Hal ini sempat dikaitkan dengan inisiatif pemerintah dalam rangka membendung konten berbau panas di Internet meskipun kemudian dibantah.

Namun belakangan ini, pihak pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan bahwa netizen Indonesia sudah kembali bias menggunakan Youtube tanpa adanya mode tersebut.

Youtube Restricted Mode
Youtube Restricted Mode Copyright©Youtube

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan pihaknya sedari awal memang tidak meminta penyedia jasa internet (ISP) dan operator seluler di Indonesia untuk menerapkan restricted mode di YouTube.

Baca Juga: Hore, Youtube Android Kini Dapat Mode Gelap, Sudah Coba?

“Memang tidak pernah restricted. Kemarin itu ada operator tidak sesuai dengan instruksi Kemenkominfo, tapi sudah diperbaiki,” ujar Semuel ketika dihubungi oleh KompasTekno, Senin (13/8/2018).

Intruksi tersebut berkaitan erat dengan inisiatif pemerintah seperti yang sudah saya sebutkan di awal pembahasan.

Restricted mode adalah mode khusus di YouTube untuk membatasi tayangan video yang dinilai tidak layak. Video-video yang dinilai masuk dalam kategori ini tak akan ditampilkan di sebuah channel. Akibatnya, jumlah video di kanal itu terkesan jauh berkurang saat dilihat pengguna dengan restricted mode yang diaktifkan.

Apabila ternyata restricted mode masih aktif, melalui akun Instagram miliknya, YouTuber Eno Bening berbagi cara yang bisa dicoba untuk mematikannya, Pertama, lakukan restart Wi-Fi dan smartphone, lalu log-out dari akun YouTube, kemudian log-in kembali. Restricted mode seharusnya sudah bisa dimatikan.

Baca Juga: Cara Paling Aman Main Youtube di Android