HarmonyOS 2.0 Dikabarkan Akan Segera Diluncurkan pada Platform Mobile

403
HarmonyOS 2.0 Dikabarkan Akan Segera Diluncurkan pada Platform Mobile
Copyright@Tek.id

Eratekno – Dalam acara Developer Conference yang digelar di Songshan Lake, Huawei mengumumkan jika mereka resmi meluncurkan HongMeng 2.0 atau yang lebih dikenal dengan sebutan HarmonyOS 2.0.

Disebutkan jika Os baru tersebut akan segera tersedia untuk platform mobile.

Perlu diketahui jika hingga saat ini HarmonyOS merupakan sistem operasi yang khusus di desain untuk perangkat seperti Tv maupun loT keluaran Huawei.

Ren Zheng Feng, Founder Huawei sebelumnya pernah menyatakan jika HarmonyOS tidak dibuat untuk menjadi pesaing os lain seperti Android atau ios.

Huawei pada awalnya membuat os ini sebagai rencana cadangan jika seandainya suatu saat nanti Huawei tidak dapat mengakses bagian-bagian penting dari android akibat sanksi yang dikeluatkan oleh AS.

Namun belakangan ini isu peluncuran HarmonyOS pada platform mobile semakin gencar beredar.

Akan tetapi Huawei bersikeras jika tahun ini mereka tidak berniat untuk meluncurkan smartphone dengan HarmonyOS, tapi tidak menutup kemungkinan jika pada tahun depan os ini akan dihadirkan untuk platform mobile.

Hal ini tentunya menjadi terobosan besar bagi Huawei, karena selama ini walaupun sedang berada dibawah tekanan dari AS Huawei tetap menggunakan os Android tanpa memasukan layanan Google didalamnya.

Belum dapat dipastikan apakah os tersebut sudah matang atau belum, namun yang jelas dalam konfrensi tersebut Huawei meluncurkan proyek bernama OpenHarmony.

Proyek ini merupakan dimana para developer dapat ikut membangun versi open source dari os ini.

Saat ini proyek tersebut hanya mendukung perangkat dengan ram dibawah 128mb, namun pada April tahun depan Huawei berencana meningkatkan batasan penggunaan ram nya hingga 4 GB.

Dalam tahap ini smartphone mungkin sudah dapat dimasukan kedalam proyek ini lalu pada bulan Oktober batasan penggunaan ram akan sepenuhnya dihapus.

Baca Juga: Huawei Bersiap Luncurkan Smartphone Dengan HarmonyOS Pada Akhir Tahun