Huawei Bersiap Luncurkan Smartphone Dengan HarmonyOS Pada Akhir Tahun

110
Huawei Bersiap Luncurkan Smartphone Dengan HarmonyOS Pada Akhir Tahun
Copyright@tek.id

Eratekno Huawei dikabarkan sedang bersiap meluncurkan sistem operasi miliknya sendiri. Sistem operasi tersebut diberi nama HarmonyOS dan nantinya sistem operasi ini akan dipasangkan ke berbagai macam perangkat termasuk smartphone.

Seperti yang diketahui sebelumnya, saat ini Huawei tidak dapat menggunakan layanan milik google akibat Entity List yang masih berlaku hingga sekarang.

Walaupun sebenarnya Huawei tetap bisa menggunakan sistem Android akan tetapi layanan inti google seperti Gmail, Maps dan sejumlah layanan lain tidak dapat digunakan.

Pada saat itu beredar spekulasi yang mengatakan jika HarmonyOS akan menjadi sistem operasi pengganti Android akan tetapi hingga saat ini hal tersebut masih belum terwujud.

Ma Jihua, seorang analis yang dikatakan memiliki hubungan dekat dengan Huawei memperkirakan jika HarmonyOS akan dirilis pada akhir tahun nanti bersama dengan smartphone pertama yang menggunakan OS nya.

Huawei diduga kuat akan memperkenalkan HarmonyOS pada acara Huawei Developers Conference 2020 yang akan digelar pada tanggal 10 hingga 12 November tahun ini. Tidak hanya ada di smartphone, OS ini juga akan dapat berjalan pada perangkat Smartwatch, PC dan Tablet.

Perlu diketahui jika lisensi sementara yang diberikan kepada huawei telah habis masa berlakunya, hal ini dapat menyebabkan smartphone Huawei tidak akan lagi mendapatkan update Android terbaru.

Belum lagi beredar kabar yang mengatakan jika pasokan hardware kian menipis. Walaupun begitu Huawei menegaskan jika perangkat yang sudah terlebih dahulu meluncur sebelum lisensi habis akan tetap mendapatkan update android terbaru.

Baca Juga: Bocoran Harga Dan Spesifikasi Huawei Mate 40