Bahaya, Video Teori Konspirasi Tiba-Tiba Ada di Youtube Kids

0
982
YouTube-Kids
[email protected] puyer blog

Waduh, YouTube Kids Diam-Diam di Susupi Teori Konspirasi, Seperti Apa Bahayanya?

Eratekno.com – Kita ketahui jika aplikasi Youtube Kids dirancang untuk anak-anak dibawah umur dan bebas konten dewasa. Di dalamnya tentu menyuguhkan konten pembelajaran dan video menyenangkan untuk anak-anak.

Namun kali ini cukup mengejutkan, belum lama ini sejumlah teori konspirasi berhasil menyusup ke aplikasi khusus untuk anak-anak ini dan itu dikhawatirkan dapat meracuni pikiran anak-anak. Teori konspirasi pada aplikasi ini ditemukan pertama kali oleh Business Insider.

Baca juga :  Asyik,, Fitur Mode Gelap YouTube Sudah Hadir di iOS ! Android Kapan ?

Berdasarkan pertemuan tersebut terdapat banyak konspiras dari mulai datar, pendaratan di bulan tidak pernah terjadi serta planet diperintah oleh manusia reptil hybrid. Cukup diketahui jika Youtube Kids sendiri merupakan aplikasi terpisah dari Youtube dan aplikasi ini diadakan bertujuan mengurangi kekhawatiran orangtua ketika anak-anak mereka tengah menonton video.

Seluruh video yang ada dalam aplikasi ini sejatinya sesuai dengan target penonton mereka dan aplikasi tersebut mendorong anak-anak belajar bahasa, membaca buku dan menonton video edukasi. Sedangkan video konspirasi yang belum lama ini menyusup menampilkan sejumlah kategori tertentu.

[email protected]

Pada saat pengguna melakukan pencarian dengan kata ‘UFO’, sebagian besar konten yang muncul merupakan video mainan yang aman di tonton anak-anak. Akan tetapi terlihat ada satu video di peringkat atas hasil pencarian tersebut meninggalkan jejak chemtrails. Selain itu juga terdapat sejumlah video dari ahli teori konspirasi terkenal, David Icke.

Terlihat video yang muncul salah satunya ketika Icke memebrikan kuliah umum dengan klaim alien membangun piramida, planet diperintah oleh manusia reptil hybrid dan video satunya lagi memperlihatkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) merencanakan pembunuhan Presiden F. Kennedy. Dengan begitu artinya anak-anak sangat mudah mengakses video konspirasi itu ketika menonton video tentang mainanan, tanpa harus mengetik kata kunci.

Baca juga :  YouTube Bakal Sertakan Link Wikipedia di Video Demi Perangi Hoax!

Namun setelah temuan tersebut disampaikan, Youtube sendiri dilaporkan langsung melaukan penghapusan terhadap video konspirasi tersebut. Dikatakan oleh layanan milik Google ini jika video konspirasi lolos dari pantauan dan mereka pun akan terus berusaha meningkatkan pengalaman aplikasinya ini.

Sementara itu, ini bukanlah kali petama Youtube Kids menyajikan video yang tak sesuai untuk anak-anak. Tepatnya tahun 2017 lalu, aplikasi ini juga dikritik oleh James Bridle lewat unggahan di Medium setelah dirinya menemukan video tak pantas yang menarget anak-anak.

Baca juga :  Makin Keren, YouTube Usung Fitur anyar Serupa Efek Layar Hijau !