Jangan Takut! Browser Opera Sudah Hadirkan Pelindung Malware Penambang Bitcoin

0
1571
browser Opera
copyright©teknokompas

Browser Opera Punya Pelindung Malware Penambang Bitcoin, Seperti Apa?

Eratekno.com – Kini marak sekali dengan virus berbahaya malware dan salah satu penyebabnya yakni melonjaknya nilai mata uang digital bitcoin. Mereka para penambang uang kripto tersebut banyak hadir di sejumlah perangkat.

Biasanya malware itu menginfeksi perangkat yang digunakan melalui browser internet. Virus tersebut akan masuk ke situs dan ketika situs mulai diakses browser komputer yang terjadi ialah resource (CPU, GPU, RAM) komputer pengakses situs akan digunakan untuk menambang bitcoin. Dengan demikian menyebabkan kinerja komputer jadi lambat.

Biasanya mereka pengguna komputer hanya menggunakan antivirus yang sebenarnya tak cukup sebagai alat penagkal. Sejumlah antivirus tak akan mampu membendung celah ini. Hal tersebut karena virus dan malware itu tergolong baru, maka dibutuhkan waktu untuk mengatasinya.

Bca juga : Ngeri.. Ini Dia Software yang Dapat Prediksi Kematian Buatan Ilmuwan Amerika Serikat

Alhasil, perangkat yang terinfeksi akan cepat rusak, lantaran dipaksa untuk bekerja menambang bitcoin. Melihat dan menyadari hal berbahaya ini Browser Opera Menghadirkan solusi perlindungan terhadap malware penambang bitcoin pada situs miliknya.

browser Opera
copyright©republika

Perlindungan dilakukan bukan hanya untuk perangkat dekstop, namun juga untuk perangkaat lain mulai dari mobile browser hingga Opera di smartphone. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan fitur ad-blocker yang terdapat pada peramban Opera terlebih dahulu melalui menu pengaturan.

Pengguna perangakat Browser Opera sendiri merasa sedikit aman karena hadirnya fitur perlindungan anti-malware penambang bitcoin. Cukup diketahui jika tanda-tanda perangkat yang terinfeksi malware penambang mata uang kripto ini sulit dideteksi. Tanda-tanda hanya akan muncul ketika infeksi sudah parah.

Baca juga : Wow.. 1000 Lamaran Masuk Sehari Setelah Alibaba Buka Lowongan Untuk Lansia

Jika infeksi dibiarkan, bahaya berupa kerusakan perangkat akan mengancam pengguna. Terkait sulitnya mendeteksi malware ini juga diungkapaka oleh VP Product Marketing Opera Jan Standal. ‘Saat Anda menjelajahi web, tak ada visual yang menunjukan jika perangkat Anda sedang dibajak untuk melakukan kegiatan penambangan uang kripto’ ujarnya melalui keterangn tertulis.

Sementara itu dari sejumlah laporan menyebutkan ada lebih dari tiga situs web yang rawan terkena malware penambang bitcoin. Maka dari itu kebutuahan untuk perlindungan menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya. Denagan cara memblokir script penambang, Browser Opera dipastikan bisa bekerja sempurna. Selaian itu Opera memastikan jika perangakatnya akan meminimalisir kerusakan lantaran dipaksa bekerja keras.

Baca juga : Asik, Ini Nih Cara Bernostalgia dengan Foto Atau Video Lawas di Instagram