Mudah Banget, Ini Nih Cara Alternatif Buat Kembalikan ‘View Images’ di Google

0
2122
Cara Ambil Gambar secara Legal lewat Google
Copyright©GudangIlmu

Google Hilangkan Fitur ‘View Images’. Ini Alasan dan Cara Mengembalikannya!

Eratekno.com – Kita mengetahui jika beberapa waktu lalu, Google sempat melakukan sebuah perubahan drastis pada layannya. Perusahaan layanan internet terbesar di dunia itu menghilangkan tombol ‘View Images’ pada penjelajahan gambar.

Bukan tanpa alasan, perusahaan mengatakan jika penghapusan tombol View Images tersebut terkait dengan perlindungan hak cipta dan juga adanya protes yang dilakukan oleh Getty Images. Dengan perubahan yang dilakukan ini tentunya membuat pengguna mengeluh karena lebih ribet untuk mengunduh gambar.

Baca juga : BBM Hadir Dengan Versi Terbaru, Jangan Sampai Lewatkan Fitur Menarik Didalamnya Lho!

Namun kali ini kalian jangan khawatir, dikatakan begitu karena pengguna ternyata bisa mengatasi masalah perubahan di layanan Google ini. Caranya yakni dengan melakukan instalasi extension beranma View Images supaya kalian bisa kembali menikmati fitur View Images di Google.

Selain itu, jika tak mau menginstal extension ini, sebenarnya kalian juga bisa tinggal mengeklik Open Image in News Tab pada sebuah gambar. Sebelumnya melalui akun Twitter resmi, Google mencuitkan pernyataan jika mereka memang telah menghapus fitur tersebut langsung dari laman pencarianya.

Google
[email protected]

‘Pada hari ini, kami telah meluncurkan sejumlah perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs-situs yang mereka ingin kunjungi. Perubahan ini termasuk fitur View Images yang telah kami hapus. Namun, tombol mengunjungi laman yang berkaitan masih ada. Jadi pengguna bisa langsung melihat gambar dalam situs yang mereka kunjungi’ tulis Goole beberapa waktu lalu.

Sekedar infromasi, fitur View Images sendiri hadir dalam laman pencarian Google yakni berupa tombol yang membantu pengguna mencari gambar. Pengguna akan dibantu untuk melihat gambar secara keseluruhan dalam format aslinya. Selain itu melalui fitur ini pengguna juga bisa menyimpan langsung tanpa terlebih dulu mengunjungi situs yang memuat gambar tersebut.

Baca juga : Jago Buat Smartphone Kece, Google Loyo Dalam Penjualannya

Dari informasi yang didapat, apa yang dilakukan Google ini merupakan langkah dimana untuk melindungi hak cipta fotografer serta tanggapan terhadap kritik dari para fotografer serta perusahaan penyedia foto seperti halnya Getty Images. Dengan adanya fitur ini, layanan internet ini kerap dikeacam banyak pihak karena mereka menampilkan banyak gambar yang diduga telah melanggar hak cipta.

Dengan fitur tersebut, banyak orang bisa mengambil gambar-gambar tersebut dengan mudah tanpa izin. Namun dengan dihapusnya fitur View Image ini, pengguna pun mau tak mau harus menuju ke situs yang memuat gambar yang ingin disimpan. Akan tetapi nyatanya banyak situs yang tak mengizinkan pengguna untuk menyimpan gambar karena alasan hak cipta.

Baca juga : Hapus Tombol ‘View Images’ Dari Hasil Googling, Google Lakukan Demi Selesaikan Masalah?