Usai India dan Indonesia, WiFi Gratis Google Station Bidik Negara Penetrasi Internet Tinggi

0
915
Google Station
copyright©kompastekno

Berikan Layanan WiFi Gratis, Google Station Berekspansi ke Meksiko

Eratekno.com – Kali ini Google melakukan gebrakan dengan semakin gencar meluncurkan Google Station atau area akses WiFi gratis. Setelah muncul pertama kali di India dan Indonesia, kini aplikasi buatan Google itu berekspansi ke negara penetrasi dengan internet tinggi seperti Meksiko.

Tidak jauh berebeda, Google Station di Meksiko sendiri diadakan denga tujuan untuk memberikan akses layanan internet dengan bandwidth tinggi di wilayah yang sulit terjangkau internet. Karena sulit terjangkau akses internet, warga sering kali merasa enggan menjelajahi internet. Dengan demikian mereka pun juga jarang berselancar di laman Google dan situs lainnya.

Baca juga : Mudah Banget, Ini Nih Tips Belajar Progamming Bersama Google

Sekedar informasi, negara Meksiko sendiri merupakan negara ketiga dengan penetrasi internet tertinggi di Amerika Latin. Sebagian besar wilayah di negara tersebut mengakses internet melalui perangkat mobile dan pengguna selalu mencari cara untuk dapat menikmati layanan internet tanpa harus menggunakan data alias gratis.

Pada sejumlah wilayah juga didapati warga yang masih sulit untuk bisa menikmati koneksi internet. Maka dalam peluncuran pertama di Meksiko, Google menggandeng ISP SitWifi untuk mengubah hotspot yang sudah ada.

Google Station
copyright©digit

Nampak saat ini Google Station saat ini telah tersebar di sekitar 60 wilayah dengan traffic internet tinggi yang meliputi pusat keramaian mulai dari bandara, mall dan stasiun transportasi publik. Google pun menargetkan untuk Google Station dapat tersebar di lebih dari 100 lokasi di 45 kota di Meksiko hingga akhir tahun 2018 mendatang.

Cukup diketahui jika sebelumnya Google Station sendiri telah meluncur di Indonesia sejak tahun lalu. Saat itu Google tidak sendirian dalam upaya menghadirkan WiFi gratis tersebut. Mereka menggandeng rekanan lokal, yakni perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar.

Baca juga : Google Siap Rilis Android P Pertengahan Bulan Ini, Berikut Bocoran Fitur Canggihnya

Pada saat itu Google mengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

Dengan meggunakan Google Station, penggunanya nanti bakal merasakan kecepatan internet tinggi, bisa dengan mudah streaming video HD dan mengakses berbagai layanan dasar seperti e-mail. Sedangkan sebelum di Indonesia terobosan tersebut telah lebih dulu dihadirkan di India dan saat itu raksasa interner tersebut memasangnya melalui kerjasama dengan operator lokal, RailTel dan Indian Railways.

Baca juga : Mudah Banget, Ini Nih Cara Alternatif Buat Kembalikan ‘View Images’ di Google