4 Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Terpasang di Smartphone Android!

0
188
Copyright©Straightupbrands.com

4 Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstall di Smartphone Android

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa saat ini sudah banyak aplikasi untuk Smartphone Android yang dihadirkan, mulai dari aplikasi chatting, editing hingga untuk keperluan shoping pun sudah tersedia. Play Store sendiri merupakan toko aplikasi yang menyediakan berbagai macam aplikasi dan game yang dibutuhkan pengguna.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi di Smartphone Android!

Meskipun menjadi toko aplikasi pilihan, namun di Play Store sendiri juga banyak ditemukan aplikasi berbahaya, bahkan mengandung malware yang bisa merusak Smartphone pengguna, namun beberapa waktu lalu aplikasi tersebut telah dikeluarkan dalam daftar aplikasi di Play Store. Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada perangkat kalian, sebaiknya simak nih, berikut 4 tips mencegah aplikasi berbahaya terinstall di android.

4 Tips Mencegah Aplikasi Terinstall di Smartphone Android

Jangan Install dari Sumber Tidak Terpercaya

Sumber Aplikasi Terpercaya - Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstal Di Android
Copyright©teknorush.com

Dengan memasang aplikasi dalam format APK memang lebih mudah dibanding di Play Store, namun aplikasi seperti ini bisa saja membawa virus yang akan masuk ke dalam perangkat kalian. Lebih baik hindari menginstall aplikasi dari pihak ketiga yang kurang meyakinkan.

Gunakan Sideload App Sebutuhnya Saja

Sideload apps - Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstal Di Android
Copyright©teknorush.com

Memang sih, ada beberapa aplikasi lain yang tidak bisa diinstall melalui Play Store, namun sebelum kalian memasang aplikasi selain dari toko ini, maka pastikan terlebih dahulu bahwa sumbernya jelas dan file yang didownload bersih dari virus, baru berikan izin untuk menginstall.

Gunakan Fitur Google Play Protect

Google Play Protect - Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstal Di Android
Copyright©teknorush.com

Perlu diketahui, bahwa Google Play memiliki fitur yang berguna untuk memverifikasi aplikasi berbahaya di Android, jadi kalian bisa aktifkan fitur ini, sehingga setiap kali kalian memasang aplikasi, Play Protect akan memindai aplikasi yang mencurigakan dan memberikan peringatan jika ditemukan malware yang berbahaya, sehingga akan diberi saran untuk menghapusnya.

Download Aplikasi Hanya di Play Store

Play Store - Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstal Di Android
Copyright©teknorush.com

Google Play sebenarnya sudah lebih dari cukup dalam menyediakan aplikasi dan game Android. Memang sih tidak semuanya terjamin, namun disini kalian bisa melihat sumbernya terlebih dahulu sebelum memasang.

Nah, itulah 4 Tips mencegah aplikasi berbahaya terinstall di Smartphone Android agar ter-jauh dari malware berbahaya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Cara Hapus Folder, Foto atau Video yang Tidak Bisa Dihapus di Smartphone Android!