5 Tips Agar Tetap Aman Menjelajahi Internet di Smartphone Android!

0
168
Copyright©Pricebook

5 Tips Aman Menjelajahi Internet di Smartphone Android

Eratekno.com – Seiring dengan berjalannya waktu, kebanyakan masyarakat saat ini pastinya membutuhkan koneksi internet untuk melakukan berbagai hal, mulai dari mencari informasi, promosi dan masih banyak lagi. Namun, keamanan di era internet sekarang ini harus menjadi perhatian para pengguna Smartphone Android, lantaran sudah banyak para hacker yang tidak bertanggung jawab dan mencari mangsa untuk saat ini.

Baca Juga : Cara Mengubah Warna Opera Mini Sesuai Selera di Smartphone Android!

Nah, bagi kalian yang ingin tetap aman saat menjelajahi internet di Android, sebaiknya simak nih, berikut beberapa tips aman untuk mencari informasi melalui internet di Android.

5 Tips Aman Menjelajahi Internet di Smartphone Android

Pakai Browser Yang Menjamin Keamanan Pengguna

Hasil gambar untuk firefox focus
Copyright©AndroidGuys

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan browser yang fokus terhadap privasi pengguna, sehingga keamanan akan lebih terjaga. Adapun salah satu browser yang bisa digunakan adalah Firefox Focus yang dibuat dengan keamanan untuk mengakses internet, dan memiliki riwayat jelajah, tab, bookmark dan masih banyak lagi.

Ubah Pengaturan Browser

Selain itu, kalian juga bisa mengubah pengaturan browser untuk memastikan kegiatan mengakses internet kalian aman. Ada banyak browser masa kini dengan sistem keamanan di dalamnya, seperti Google Chrome yang hadir dengan fitur ‘Safe Browsing’ untuk mencegah peramban melacak kegiatan kalian saat menjelajah. Cara mengaktifkannya adalah dengan masuk ke menu Settings >> Advanced >> Privacy >> centang ‘Do Not Track’.

Jangan Gunakan Password Manager di Browser

Hasil gambar untuk Jangan Gunakan Password Manager di Browser android
Copyright©Seni Berpikir

Kalian tidak perlu memasukkan password saat ingin masuk ke sebuah akun tertentu saat browser menawarkan opsi untuk layanan password manager. Pasalnya ada kemungkinan situs berbahaya bisa mengancam keamanan password yang kalian simpan, jadi gunakan aplikasi password manager khusus untuk lebih aman.

Cek WiFi Publik Sebelum Menyambungkan

Saat kalian berada di wilayah jaringan WiFi publik, sebaiknya kalian cek terlebih dahulu sebelum terhubung, kalian bisa gunakan aplikasi pemindai WiFi agar mendapatkan peringatan saat ada aktivitas yang mencurigakan di jaringan WiFi tersebut.

Gunakan Pemindai Malware

Hasil gambar untuk Gunakan Pemindai Malware android
Copyright©Mastel

Dan tips yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pemindai malware di perangkat, sehingga akan membantu memastikan file yang kalian unduh tidak membawa malware di dalamnya, serta membantu manajemen performa perangkat kalian.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian coba terapkan agar tetap aman menjelajahi internet di Smartphone Android. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Buat Cari Bantuan! Begini Cara Mudah Bikin Tombol Darurat di Smartphone Android!