Ada Ancaman Baru Yang Mengintai Pengguna WhatsApp, Begini Cara Menghindarinya !

0
442
Copyright©Menyanibi

Waspada ! Malware Bisa Menyusup Lewat Video di WhatsApp !

Eratekno.comSudah bukan rahasia lagi jika aplikasi chatting yang kini tengah populer dan di gunakan banyak orang di berbagai penjuru dunia adalah WhatsApp. Tak mengagetkan memang karena aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook ini punya banyak sekali fitur yang memudahkan pengguna dalam berkomunikasi.

Namun di balik semua keunggulan yang di tawarkan, WhatsApp beberapa kali di laporkan mengalami kerentanan keamanan. Mengatasi hal tersebut, aplikasi chatting populer ini berusaha untuk menambal platform miliknya dengan upgrade aplikasi.

Bahkan belum lama ini mereka menggugat perusahaan asal Israel yakni NSO yang telah mengirimkan spyware ke WhatsApp.

Baca juga : Nonaktifkan Saja, 4 Fitur WhatsApp Ini Cuma Bikin Pengguna Kesel !

Dan yang terbaru di lansir dari laman Forbes pada Senin, 18 November 2019 kemarin, Facebook kali ini mengonfirmasi bahwa terdapat kerentaran di WhatsApp yakni adanya malware yang di kirim melalui video.

Facebook selaku pemilik WhatsApp pun telah memperingatkan kepada pengguna WhatsApp bahwa ada buffer overflow berbasis stack yang di picu di WhatsApp dengan mengirimkan file MP4 yang di buat khusus untuk pengguna.

Copyright©Tribunnews

File Mp4 tersebut bisa menimbulkan risiko malware yang ditanam di perangkat yang terinfeksi. Menurut Facebook, potensi malware tersebut mempengaruhi WhatsApp versi Android sebelum 2.19.274, versi iOS sebelum 2.19.100, versi Windows Phone sebelum dan termasuk 2.18.368, WhatsApp Bisnis versi Android sebelum 2.19.104, dan WhatsApp Bisnis versi iOS sebelum 2.19.100.

Baca juga : Masih Anget, 2 Trik WhatsApp Terbaru Ini Wajib Kamu Coba !

Facebook juga menyerankan pengguna untuk terus memeriksa dan mematiskan bahwa mereka telah menjalankan versi terbaru dari aplikasi chatting ini. Sementara itu seorang juru bicara WhatsApp mengatakan bahwa pihaknya saat ini terus bekerja untuk meningkatkan keamanan layanan.

“Kami membuat laporan publik tentang masalah potensial yang telah kami perbaiki konsisten dengan praktik terbaik industri. Dalam hal ini tidak ada alasan untuk percaya bahwa pengguna terkena dampak,” kata WhatsApp.

Nah untuk mengantisipasi WhatsApp kamu di susupi malware berbahaya, update aplikasi kamu sekarang ke versi terbaru yang tersedia di Google Play Store  atau App Store.

Semoga bermanfaat ya guys !

Baca juga : Nyaman Dimata ! Begini Cara Aktifkan Mode Gelap di WhatsApp Yang Patut Kamu Coba !