Ada Temuan Bug Berbahaya di WhatsApp, Lakukan Cara Ini Untuk Menghindarinya !

0
476
Copyright©Mashable India

Langkah Untuk Cegah Terserang Bug Berbahaya di WhatsApp

Eratekno.comBaru-baru ini ditemukan bug pad aplikasi WhatsApp yang dapat di eskploitasi oleh peretas untuk menghapus semua riwayat pesan yang di kirim secara permanen. Temuan bug ini di hasilkan oleh firma keamanan siber Check Point Software Technologies pada Agustus seperti dilansir dari Lifehacker, Rabu, 18 Desember 2019.

Bug alias kerentanan ini bisa di eksploitasi oleh hacker dengan mengirim pesan kepada nomor WhatsApp kamu. Saat pesan tersebut di buka, seketika seluruh riwayat perpesanan akan terhapus secara permanen.

Ternyata tak hanya itu saja yang bisa dilakukan oleh hacker melalui bug ini. “Kerentanan ini berpotensi serius karena WhatsApp merupakan aplikasi vital yang dipakai banyak orang untuk berkomunikasi,” ujar peneliti Check Point.

Baca juga : Gegara Bug, Fitur Yang Lama Dinanti Ini Akhirnya Hadir di WhatsApp !

Sebelumnya, Check Point mengimbau untuk melakukan re-install WhatsApp lantaran belum adanya pembaruan untuk bug ini. akan tetapi yang terbaru, masalah ini ternyata telah di perbaiki oleh pihak WhatsApp.

Mereka menghadirkan update terbaru untuk mengatasi bug ini. buat para pengguna iOS bisa mengunduh update di App Store dan pengguna Android update ini tersedia di Google Play Store.

Copyright©GRID.ID

“Kami dengan cepat menyelesaikan masalah ini pada pertengahan September,” ujar Software Engineer WhatsApp Ehren Kret seperti dikutip dari Wired. “Kami juga baru-baru menambahkan fitur undang ke WhatsApp group yang memberikan kontrol kepada penguna menentukan siapa saja yang bisa mengundang mereka ke sebuah grup percakapan.”

Baca juga : Gawat, Ada Celah Keamanan yang Bisa Bikin Kekacauan di WhatsApp!

Fitur baru WhatsApp ini bisa di aktifkan melalui Settings > Account > Privacy Group. Nantinya ada tiga opsi di fitur baru ini yakni Everyone (Semua Orang), My Contact (Kontak Saya) dan My Contact Expect ( Semua pengguna yang ada didalam nomor kontak kecuali yang diblokir).

Untuk itu, para pengguna di sarankan untuk selalu memperbarui aplikasi WhatsApp demi berlindung dari serangan hacker yang memanfaatkan celah keamanan.

Selain update, ada baiknya kamu tak membuka chat acak dari orang-orang yang tak di kenal di aplikasi apapun karena selalu ada kemungkinan ada kerentanan yang berbahaya yang tak dikenal yang mempengaruhi aplikasi yang kamu gunakan.

Semoga bermanfaat ya guys !

Baca juga : Heboh WhatsApp Dikloning, Kenali Tanda-tandanya Berikut Ini !