Agar Tidak Cepat Penuh, Begini Cara Bersihkan Google Drive Dengan Mudah!

0
446
Copyright©selular.id

Cara Mudah Bersihkan Google Drive

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa sebagian besar pengguna internet pastinya akan memanfaatkan layanan penyimpanan awan Google Drive untuk menyimpan dokumen penting, mulai dari foto, video dan file lainnya agar tetap aman dan tidak terhapus. Layanan penyimpanan ini sendiri juga menyediakan ruang hingga 15 GB secara gratis untuk pengguna.

Baca Juga : Cara Agar Data di Google Plus Tetap Aman Sebelum Resmi Ditutup!

Meskipun layanan ini sudah menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar, tetapi saat melebihi kapasitas, maka pengguna bisa membayar biaya bulanan untuk menggunakannya. Nah, agar penyimpanan tersebut tidak cepat penuh, pengguna pastinya harus rajin membersihkan data tersebut. Langsung saja, berikut cara cepat bersihkan layanan Google tersebut. Simak Yuk!

Cara Mudah Bersihkan Google Drive Dengan Cepat

Bersihkan File Besar

Hasil gambar untuk bersihkan file besar google drive
Copyright©Hendri Setiawan

Cara pertama dengan menghapus file besar agar ruang penyimpanan bisa kembali lapang. Untuk lebih mudahnya, kalian bisa akses tautan berikut ini (https://drive.google.com/drive/u/0/quota), disini akan menampilkan rincian file dengan ukuran besar secara berurutan, jadi bisa pilih file apa saja yang akan dihapus.

Kurangi Kualitas Foto

Pengguna Smartphone Android biasanya mencadangkan foto di perangkatnya secara otomatis ke layanan Google Photos, dimana layanan ini juga mengambil ruang dari Google Drive untuk menyimpannya. Jadi, ika kalian ingin menampung lebih banyak file, maka kalian bisa akses tautan ini (https://photos.google.com/settings) untuk melihat dua pilihan teratas, dimana kalian bisa memilih ‘High Quality’ untuk mendapatkan penyimpanan tak terbatas khusus untuk Google Photos.

Hapus E-mail Besar

Hasil gambar untuk Hapus Email Besar di google drive
Copyright©Darmawan Blog

Hal terakhir yang membuat ruang penyimpanan cepat penuh adalah dengan adanya lampiran pada email yang berukuran besar, jadi kalian bisa menghapus lampiran tersebut untuk memperluas penyimpanan. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengetik ‘has:attachment larger:10M’ di kolom pencarian email di bagian atas, kemudian akan muncul kumpulan e-mail yang melebihi 10Mb. Pilih e-mail yang tidak penting dan hapus untuk membersihkan penyimpanan.

Nah, seperti itulah cara bersih-bersih Google Drive yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah dan cepat agar ruang penyimpanan kembali lapang. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Whatsapp Beri Peringatan Tentang Resiko Backup Data di Google Drive!