Akhir Tahun Jadi Pengantar Jaringan 5G!

0
766
Jaringan 5G
Copyright©brilio

2018 Siap Sambut Jaringan 5G

Eratekno.com – Teknologi 4G merupakan jaringan hasil pengembangan dari 2G band dan 3G band. Di lengkapi dengan LTE, jaringan ini mampu mengajak peselancar internet menjelajahi seluk beluk dunia melalui maya dengan sangat cepat. Tapi, jaringan 4G LTE bukanlah jaringan termutakir.

Sempat di kabarkan akan hadir, generasi 4G yakni jaringan 5G siap berikan akses lebih maksimal dari sebelumnya. Dengan 4G, pengguna makin di mudahkan beroaming data. Lantas bagaimana dengan sang generasi ini? Pastinya lebih gesit dalam mengoperasikan kinerjanya pada smartphone.

Jaringan 5G bahkan kini memasuki tahap selanjutnya dimana 3rd Generation Partnership Project (3GPP), yakni organisasi yang mengatur standar seluler telah menandatangani spesifikasi pertama untuk 5G. Hal tersebut berlangsung dalam sebuah pertemuan di Lisbon, Portugal, sebagaimana dilaporkan Fierce Wireless.

Baca Juga Gionee S9 Muncul Di TENAA, Ponsel Canggih Dengan Kamera Belakang Ganda 13MP+ 5MP

Tentu saja ini merupakan sebuah kemajuan teknologi di era digitalisasi seperti sekarang. Seperti yang diharapkan, spesifikasi 5G mencakup spektrum frekuensi rendah mulai dari 600 dan 700 MHz hingga spektrum tinggi 50 GHz.

Jaringan 5G
Copyright©pedomanku

Akhir pekan nanti, rincian spesifikasi jaringan 5G siap di publikasikan. Setelah standar untuk 5G disepakati, pengembangan jaringan itu kemudian berada di tangan operator dan perusahaan hardware. Demikian seperti yang dilansir dari The Verge.

Baca Juga Asus Zenfone Mac Plus M1 Bakal Meluncur di Indonesia?

Bahkan, beberapa operator telah standby mempersiapkan dirinya menyambut jaringan 5G. T-Mobile dan Verizon bahkan menjanjikan jaringan 5G pada 2018 dan 2019.

Tidak perlu khawatir, karena di Indonesia sendiri nantinya akan kebagian jatah 5G. Namun untuk saat ini, tanah air masih sibuk menyambut jaringan tersebut dengan melakukan berbagai pengujian. Artinya jaringan yang akan memungkinkan Anda berselancar lebih cepat di internet itu akan segera terwujud. Seperti apa layanan ini nantinya? Kita tunggu saja.

Baca Juga Fitur Ini yang Bisa Dinikmati Bila Teknologi 5G Rilis di Indonesia