Aktifkan Sekarang ! Fitur Ini Bisa Selamatkan HP Android dari Miliaran Aplikasi Berbahaya !

0
276
Copyright©ibitimes.co.uk

Fitur Google Ini Bisa Tangkal Malware Masuk ke HP Android 

Eratekno.comPengguna smartphone berbeasis Android kini sudah sangat banyak. Bahkan mungkin jumlahnya melebihi pengguna smartphone iOS. Berbicara mengenai pengguna HP Android, tentu tak afdol jika tak membahas mengenai aplikasi yang ada di dalamnya.

Ngomong-ngomong soal aplikasi, kabar buruknya jumlah pengguna yang keliru memasang aplikasi yang mengadung malware dari luar Google Play Store meningkat dari 1,6 milliar yang di laporkan pada tahun 2017 dan 2018, menjadi 1,9 milliar pada tahun lalu, menurut laporan Google.

Aplikasi berbahaya ini berasal dari sumber tidak resmi, seperti toko aplikasi non-Google atau pihak ketiga. Beruntungnya, system perlindungan malware dari Google Play Protect yang telah di install sebelumnya pada semua HP Android resmi memblokir semua upaya ini.

Baca juga : 4 Smartphone Murah dengan Layar Berkualitas Tinggi Yang Layak Kamu Miliki !

Aplikasi milik Google ini bisa menyelematkan pengguna HP Android dan tablet dari kehilangan data mereka ke penjahat siber atau menderita adware.

Sementara itu di lansir dari laman Express.co.uk, Google Play Protect memperkenalkan kemampuannya untuk memindai dan mendeteksi pemasangan aplikasi non-Googke pada Mei 2017 untuk memerangi peningkatan serangan jahat terhadap pengguna perangkat Android.

Copyright©Berita Teknologi

Sebelum itu, pemilik ponsel cerdas dan tablet sering kali berakhir menginstal aplikasi berbahaya dari toko aplikasi pihak ketiga, situs web dewasa yang menawarkan unduhan langsung ke perangkat Anda, layanan perjudian online, serta banyak situs lain.

Baca juga : Warning ! Malware Ini Masih Kebal Meski HP Android Telah di Factory Reset !

Google Play Protect dibuat langsung ke dalam Play Store sehingga tak masalah jika produsen smartphone andal telah meluncurkan system operasi terbau ke HP Android kamu. Meski punya sejumlah fungsi dan fitur yang berbeda, fungsi Google Play Protect ini sebagai layanan anti virus bawaan yang mengawasi apapun yang kamu install.

Secara default, fitur Google ini akan memindai ssetiap aplikasi yang di install di HP Android secara berkala.

Hal ini untuk memastikan pembaruan aplikasi tak di gunakan untuk menyusup malware ke system operasi Android kamu. Ini juga termasuk memindai semua pemasangan aplikasi baru yang berasal dari Play Store ataupun sumber pihak ketiga.

Baca juga : HP Android Dengan Kamera Selfie Terbesar Didunia Segera Dirilis, Mau Beli?