Android P Bakal Hadir Dengan Pencegah Kamera Dibajak Aplikasi?

0
271
[email protected]

Rilis Tahun Ini, Android P Cegah Kamera Dibajak Aplikasi?

Eratekno.com – Saat ini mekanisme peretasan via kamera smartphone dan microphone memang tengah marak dan hal itu tentu menciptakan ketakutan tersendiri bagi masyarakat, meski jarang di temukan tapi hal itu pasti membuat sebagian orang merasa tak nyaman.

Menghadapi masalah itu, Google sepertinya memiliki solusi melalui sistem Android terbaru yakni Android P yang di jadwalkan akan segera rilis di pertengahan tahun 2018 ini.

Kode terbaru yang di temukan menunjukkan Android P bakal mencegah aplikasi yang diam-diam menggunakan kamera smartphone dan microphone tanpa sepengetahuan pengguna.

Baca juga: Terungkap, Ini Dia Bocoran Fitur Android P

Jika ada program yang tak aktif mencoba menggunakan kamera, Android P bakal menghentikannya dan mengirimkan pesan eror kepada pengguna sebagai pemberitahuan. Mekanisme ini berbeda dengan pencegahan pada sektor microphone.

Android P akan tetap bisa di kelabui untuk perekaman audio diam-diam, hanya saja datanya akan di kosongkan jika aplikasi atau program dalam keadaan tidak aktif. Dengan kata lain, upaya perekeman audio secara diam-diam itu tak ada gunanya.

Akan tetapi sejuah itu masih sedikit bocoran informasi mengenai kehadiran Android P. Di lansir dari Engadget pada Kamis (22/2/2018), tak hanya itu Android P sendiri di sebut-sebut akan mengacu nama es krim bertabur kacang arab yakni Pistachio Ice Cream.

copyright©Ist

Beberapa sumber dalam sesumbar bahwa Android P bakal lebih mengedepankan perlindungan terhadap privasi pengguna. Para peretas dan oknum tidak bertanggung jawab akan lebih sulit membobol sistem keamanan pada smartphone Android pengguna.

Baca juga: Ssst.. Android P Bakal Hadirkan Antarmuka Mirip iOS ?

Tak hanya itu, Di lansir dar Bloomberg, Android P akan mendukung pula desain layar fleksibel dan panel display yang bisa di lipat.

Hal ini kontras dengan versi iOS berikutnya lebih lebih menitikberatkan pada kinerja dan stabilitas perangkat ketimbang mengusung banyak fitur baru. Dengan menghadirkan banyak baru, Google nampaknya berharap dapat merayu pengguna iPhone untuk beralih ke Android.

Namun tentu saja rumor itu masih belum di konfirmasi oleh pihak Google, untuk itu kita tunggu saja hingga Android P benar-benar di rilis oleh Google. Perlisan itu biasanya bertepatan dengan pesta pengembang “Google I/O” yang di gelar di Mountain View, Amerika Serikat.

    Baca juga Android P Gunakan Nama Es Krim Bertabur Kacang Arab?